Jenazah Pasien Covid 19 di India, Dikremasi di Tempat Terbuka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 23 Apr 2021 21:30 WIB

Jenazah Pasien Covid 19 di India, Dikremasi di Tempat Terbuka

i

Seorang pria India tampak sibuk membakar jenazah pasien Covid 19 yang tak terkendali jumlahnya.

 

SURABAYAPAGI.COM, New Delhi - Lonjakan korban meninggal akibat covid-19 di India membuat krematorium maupun petugas pemakaman kewalahan. Fasilitas kremasi massal sementara terpaksa dibuka di tempat-tempat yang tidak biasa seperti di lahan parkir atau lapangan terbuka. Seperti yang dialami penduduk ibu kota New Delhi, Nitish Kumar yang terpaksa menyimpan jenazah ibunya di rumah selama dua hari. Sementara dia sibuk mencari ruang pembakaran di krematorium kota yang masih tersedia namun semua penuh.

Baca Juga: Tentara Bayaran WNI di Ukraina, Bisa Propaganda Rusia

Pada hari itu, 78 jenazah dikremasi di satu tempat yang tak bisa lagi penampung jenazah lain. Akhirnya pada Kamis (22/4/2021), Kumar dapat mengkremasi ibunya yang meninggal karena covid-19 di di lahan parkir yang bersebelahan dengan krematorium di Seemapuri, timur laut New Delhi.

"Saya berlari dari tiang ke tiang tetapi setiap krematorium penuh dan kehabisan fasilitas, ada yang menyebut mereka (petugas) kehabisan kayu bakar," kata Kumar saat berdiri di sebelah tumpukan kayu dalam prosesi kremasi ibunya, dikutip Reuters, Jumat (23/4/2021).

Baca Juga: UNESA Gandeng Universitas Islam Madinah Perkuat Mutu Pendidikan dan Jaringan Internasional

Tak hanya Kumar, ramai keluarga yang juga membawa jenazah orang-orang terdekat mereka untuk segera dikremasi. Dalam beberapa foto yang ditangkap Reuters, tampak di lapangan terbuka orang-orang membawa dan menyiapkan kayu bakar untuk mengkremasi keluarga mereka.

Seorang pria yang mengenakan masker tampak menyiapkan tumpukan kayu bakar, sementara jenazah keluarganya terbujur dibungkus dengan plastik tepat di sebelah kakinya. Sementara di sudut lainnya, tampak dua orang pria berdiri di samping tumpukan kayu saat mengkremasi keluarganya. India mencatat jumlah kasus positif covid-19 harian tertinggi di dunia untuk kedua kalinya, Jumat (23/4/2021).

Baca Juga: Pesawat Japan Airlines Tabrak Pesawat, 400 Penumpang Selamat

Jumlahnya mencapai 332.730 kasus, naik dari 314.835 kasus pada laporan Kamis (22/4/2021). Kematian dalam 24 jam terakhir juga melonjak ke rekor 2.263 orang menurut laporan kementerian kesehatan India.rt

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU