Jenis Olahraga Cocok untuk Orang Introver

SURABAYAPAGI, Surabaya - Berolahraga dalam kelompok sering jadi pilihan untuk bisa berbagi semangat dengan orang lain. Namun, untuk sebagian orang, justru merasa lebih bersemangat atau fokus saat olahraga sendirian, khususnya mereka yang introver.

Orang dengan kepribadian introver lebih senang berolahraga secara individu. Kegiatan olahraga yang tidak melibatkan interaksi dengan banyak orang, bisa menjadi pilihan, seperti yang direkomendasikan Ayobantu berikut ini:

Yoga adalah jenis olahraga yang membutuhkan ketenangan dan cocok untuk orang introver. Yoga bermanfaat untuk melatih pernapasan, menguatkan keseimbangan tubuh, merelaksasi otot-otot, melancarkan sirkulasi darah, juga meringankan mual dan nyeri punggung.

Pilates berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga nutrisi dan oksigen tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Olahraga ini dapat dilakukan sendirian di rumah tanpa perlu datang ke pusat kebugaran, cocok untuk orang yang berkepribadian introver.

Jogging adalah salah satu kegiatan olahraga yang paling mudah dilakukan. Jenis olahraga ini bisa dilakukan di mana saja tanpa memerlukan adanya alat penunjang tertentu dan dapat dilakukan secara individu.

 Bersepeda juga termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan secara individu. Semakin banyak energi yang dikeluarkan untuk bersepeda, maka semakin banyak kalori yang dibakar tubuh, dihitung berdasarkan rute, kecepatan, dan durasi bersepeda. 

High intensity interval training (HIIT) merupakan latihan intensitas tinggi dan biasanya dilakukan bersama dalam sebuah kelompok besar. Namun, olahraga yang bermanfaat mengurangi stres ini membuat semua orang sibuk mengatur napas, sehingga bisa juga dijajal orang introver.

Lari merupakan olahraga yang bisa dilakukan sendiri, maka para introver dapat menjalaninya dengan penuh konsentrasi. Saat lari sendirian, orang introver tidak perlu bersosialisasi dengan yang lain. Apalagi, berkat kemajuan teknologi, kompetisi lari kini bisa dilakukan secara virtual. hlt/olg