Jika Terpilih lagi Cakades Petahana

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 15 Apr 2022 14:55 WIB

Jika Terpilih lagi Cakades Petahana

SURABAYAPAGI, Bima-NTB Desa Jia Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat memiliki 3 kampung yaitu kampung timur (Sori Paji) , kampung tengah (Kampung asli dou jia) dan kampung proyek, dari ketiga kampung tersebut penduduk yang paling padat adalah kampung tengah, kampung tengah adalah basis suara utama yang akan diperebutkan secara total oleh keempat Cakades selain kampung sori paji dan kampung proyek.

Desa Jia memiliki 4 Dusun yaitu dusun Mujahidin, dusun Ansyor, dusun Mubarokah dan dusun Muhajirin dari keempat Dusun tersebut pemilik suara yang diperebutkan adalah 1.200 san suara sehingga pada tanggal 6 Juli 2022 akan memiliki Kepala Desa yang definitif.

Baca Juga: Bawa Sajam ke Depan Pendopo,10 Warga Banyoneng Laok Diamankan Polisi

Cakades petahana nomor urut 4 saudara Takwil yang telah memberikan karya nyata untuk Desa Jia selama menjabat tidak perlu melakukan pencitraan lagi karena hasil kerja nyata dia sudah bisa dirasakan oleh seluruh warga desa Jia Sape saat ini. Desa Jia dulu hanya mengandalkan sumber air bersih dari mada oi Lanco, dari proyek bantuan luar negeri saat itu.

Namun dari mada oi lanco saat musim kemarau debit air bersih yang mengalir ke bak bak dikampung minim tidak mencukupi untuk kebutuhan mandi, cuci serta untuk air minum bahkan air yang dialiri lewat pipa pipa yang lama sering buka tutup bergiliran antara bak yang satu dengan bak yang lain, bahkan sebagian warga Jia saat musim kemarau ada yang mengambil air bersih pakai jerigen jerigen ke desa sebelah yaitu desa Boke maupun Desa Sari 2.

Dari kondisi tersebut membuat "Takwil" Cakades Petahana mencari solusi agar kebutuhan utama akan air bersih bagi warganya bisa teratasi. Pada, saat menjabat Kades Desa Jia Takwil melakukan kerja keras melakukan loby dengan anggota Dewan maupun Dinas otoritas yang menangani langsung proyek pipa air di Kabupaten Bima propinsi Nusa Tenggara Barat, akhirnya Takwil berhasil mendapatkan proyek dari Dinas otoritas Bima diluar anggaran DD ( Dana Desa).

Baca Juga: Pilkades Morombuh Bermasalah, Warga Antar Ketupat Lebaran ke Pemkab Bangkalan

Salah satu karya besar Takwin untuk kemaslahatan warga desa Jia yang dirasakan saat sekarang adalah berhasil membangun proyek ketersediaan air bersih yang disalurkan lewat pipa dari sumber air bersih kedua, dimana sumber airnya berasal dari Desa Sari 2 ditanah putih (dana bura) untuk dialirkan ke penampungan bak air besar yang diletakkan di atas doro tabe ( ncuhi tabe) untuk warga desa jia, sehingga kebutuhan akan air bersih bagi warga desa Jia bisa tercukupi saat ini.

Karya nyata kedua Takwil adalah direhabnya kantor balai Desa Jia yang selama puluhan tahun bahkan sudah berabad tidak pernah diperbaiki sama sekali oleh Kepala Desa sebelum Takwil, sekarang kantor balai Desa jia sudah bagus, indah, para perangkat Desa sudah nyaman dan betah dikantor balai Desa karena setiap ruangan sudah dipasang kipas angin dan lantainyapun dipasang keramik sehingga kelihatan bersih nyaman, sudah tampak kantor balai desa sungguhan, tidak seperti kandang kambing yang tidak terawat seperti dulu.

Baca Juga: Tuding P2KD Langgar Perbup, Warga Desa Morombuh Minta TFPKD Periksa Berkas Pencalonan

Yang ketiga saudara Takwin juga telah menyelesaikan pembangunan gedung serba guna Doro mbunu untuk keperluan warga desa Jia yaitu untuk acara resepsi pernikahan maupun acara penting lainnya. Apa yang dilakukan oleh Cakades Petahana untuk warga desa Jia betul betul telah mengangkat harkat dan martabat serta pamor desa Jia yang lebih baik dari kades sebelumnya.

Takwil H. Ahmad Cakades petahana nomor urut 4 dengan taqline "Lanjutkan Sakali Wali, Ta kaco'iku ma bou... Ta Cakiku ma ulu" untuk tanggal 6 Juli 2022. Apa yang telah saya lakukan belum seberapa bang untuk warga desa Jia ungkap Takwil dengan tetap merendah dan koperatif menutup wawancara dengan Wartawan Harian Surabaya Pagi.Hik/Pur

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU