Job Market Fair Virtual 2021 Diserbu Ribuan Pelamar Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Sep 2021 11:41 WIB

Job Market Fair Virtual 2021 Diserbu Ribuan Pelamar Jatim

i

Kadisnakertras Jatim Himawan Estu Bagijo dalam acara Job Market Fair Virtual 2021 di Kantor BLK Surabaya. SP/KOMINFO JATIM

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur menggelar Job Market Fair (JMF) Virtual 2021. Sebanyak 30 perusahaan mengikuti JMF Virtual 2021 yang berlangsung 20-24 September dengan menyediakan kurang lebih 3000 lowongan kerja bagi pencari kerja di Jatim. Tercatat sampai saat ini pendaftar telah mencapai 2.900 orang. 

"Ada 1.000 lowongan yang bisa dimasuki. Dan anak-anak itu boleh satu orang melamar tiga job, nanti yang mana yang cocok," kata Kadisnakertras Jatim Himawan Estu Bagijo. 

Baca Juga: Disnakertrans Jatim Adakan Pelatihan Pengukuran Produktivitas Perusahaan

Para pencari kerja bisa mendaftar melalui website https://surabayajobmarketfairvirtual.com, kemudian memilih perusahaan yang diminati. 

Himawan mengatakan, JMF Virtual 2021 merupakan tahapan dari proses pelatihan yang telah dilakukan oleh balai latihan kerja (BLK). Tujuannya, untuk memberi kesempatan penempatan kerja bagi peserta pelatihan.

"Mereka bisa bertemu dunia kerja, dunia industri yang memang membutuhkan skill yang sudah kita latih," ungkapnya.

Baca Juga: Disnakertrans Jatim Sebut Tenaga Kerja Disabilitas Masih Jadi PR

Kehadiran JMF Virtual 2021  sekaligus metode baru penyaringan skill pencari kerja di tengah pandemi Covid-19. Karena pelamar tidak harus langsung datang ke lokasi. Tahapan seleksi berupa seleksi administrasi, kompetensi dan wawancara.

"Pendaftaran melalui virtual. Sebagian juga wawancara bisa virtual. Kemudian ada beberapa perusahaan yang melakukan off line," ujarnya. 

Baca Juga: Job Market Fair Virtual 2021 Kembali Digelar

Himawan juga berharap dukungan dari pemerintah provinsi Jatim agar menyesuaikan kebutuhan anggaran untuk giat semacam ini. 

Karena kehadiran job market fair memberi peluang bagi para peserta memasuki dunia kerja yang berimbas pada kesejahteraan. Seperti mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.sb4/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU