Jokowi dan Gibran, Sore Kemarin Jalani tes Swab

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Jul 2020 22:15 WIB

Jokowi dan Gibran, Sore Kemarin Jalani tes Swab

i

Ekspresi Presiden Jokowi dengan membetulkan maskernya, seusai pertemuan dengan Achmad Purnomo minggu lalu. Foto: Sp/setpres RI

 

Ini setelah Keduanya Bertemu Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, yang Gagal Dapat Rekomendasi dari PDIP maju Pilkada Solo. Justru Purnomo yang Nyatakan Positif Corona, Jumat kemarin juga

Baca Juga: Perbedaan Jokowi dan Muhaimin, Peringati Hari Kartini

 

 SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Presiden Joko Widodo Jumat sore kemarin (24/07) menjalani tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR). Ini dilakukan setelah Presiden menerima Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang dinyatakan positif Covid-19. Keduanya bertemu pada Kamis (16/7/2020) lalu. Hal mengejutkan wartawan, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif terjangkit Covid-19, saat Purnomo memberikan pernyataan ke wartawan.

 

Dua Hari Setelah Pertemuan

Dua hari setelah pertemuan dengan Presiden, Purnomo dinyatakan positif corona. Ini setelah ia menjalani dua kali tes yaitu Jumat (17/7), Purnomo menjalani tes PCR dan hasilnya negatif. Lalu Sabtu (18/7), ia kembali mengikuti tes PCR lagi atas arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta dan dinyatakan positif.

 

Diberitahu Jokowi Tentang Gibran

Dalam pertemuan itu, Jokowi memberi tahu Purnomo bahwa PDIP akan mengusung Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo. "Tadi (Kamis 16 Juli 2020 lalu, red) saya di Istana diberi tahu oleh Pak Jokowi kalau yang dapat rekomendasi Gibran sama Teguh," kata Purnomo saat dihubungi melalui telepon, Kamis (16/7/2020) lalu.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan kebetulan Jumat, Jokowi dan perangkat Istana Kepresidenan memang dijadwalkan untuk mengikuti tes rutin. "Bapak presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab. Untuk khusus hal wakil wali kota Solo, saya rasa bapak presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar wakil wali kota Solo positif," kata Heru Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Jokowi Uber China Rampungkan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Heru menekankan Istana selama ini sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat. Setiap tamu yang berkunjung wajib melalui rapid test.

Selain itu, seluruh orang di Istana, termasuk Jokowi, rutin mengikuti tes swab. Heru berharap Jokowi dan jajarannya tetap negatif Covid-19 usai pengetesan hari ini.

"Saya yakin dan semoga Istana tetap steril. Contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif, saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden," ucap Heru.

 

Gibran Juga Swab

Bakal calon walikota Solo, Jawa Tengah dari PDIP Gibran Rakabuming Raka menjalani tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) pada Jumat (24/7) sore.

Baca Juga: Apple akan Bangun Akademi Developer di Surabaya

Tes ini dilakukan Gibran di tengah kabar yang menyatakan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif corona atau Covid-19.

"Saya mau melanjutkan pemeriksaan ini, saya habis rapid test, mau swab test sekalian ini," kata Gibran saat menjadi salah satu narasumber dalam diskusi Calon Kepala Daerah Muda Bicara Politik Dedikasi, Motivasi, hingga Respons Politik Dinasti yang berlangsung secara daring, Jumat (24/7/2020).

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Namun Purnomo saat ini mengaku merasa dirinya sehat.

"Saya merasa sehat sekali. Nggak ada keluhan," kata Purnomo saat dihubungi wartawan, Jumat (24/7/2020).

Saat dihubungi wartawan, Purnomo mengatakan sedang menjalani karantina di rumah. Dia mengetahui kabar tersebut kemarin sore. Namun untuk kepastian kondisinya, Purnomo meminta wartawan menanyakan langsung ke Dinas Kesehatan Kota Solo. Dia dua kali melakukan swab dengan hasil berbeda. n erc/rs/cr1/rm

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU