Jokowi Ingatkan Jajarannya Waspadai Kenaikan Harga Beras dan Migor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Jan 2023 08:00 WIB

Jokowi Ingatkan Jajarannya Waspadai Kenaikan Harga Beras dan Migor

i

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin saat ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/1/2023). Foto: Biro Setpres.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Ratas tersebut membahas mengenai peningkatan aktivitas ekonomi dan pariwisata pasca pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Tanah Air.

Baca Juga: Jokowi Tersenyum Dinyatakan Bukan Kader PDIP Lagi

Dalam ratas tersebut, Jokowi mengingatkan jajaran menterinya untuk memperhatikan dan mewaspadai hal-hal yang memicu inflasi seperti kenaikan harga-harga barang serta jasa terutama komoditas beras dan minyak goreng (migor).

"Berkaitan dengan ekonomi utamanya yang terkait dengan inflasi, kenaikan harga-harga barang dan jasa, saya lihat betul-betul harus diwaspadai pertama urusan beras, kedua berkaitan dengan minyak. Minyak goreng dilihat betul," kata Jokowi.

Pada saat bersamaan, Kepala Negara meminta laporan aktivitas ekonomi dan pariwisata pasca-pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia. Pasalnya, saat ini berbagai lokasi wisata sudah kembali ramai dikunjungi wisatawan.

Di lapangan, Jokowi melihat jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai daerah seperti di Manado dan Bali sudah mulai meningkat baik wisatawan domestik mau pun mancanegara.

"Saya lihat kalau untuk wisatawan, melihat di Manado karena sudah mulai banyak wisatawan, di Bali juga sudah mulai pesawat-pesawat datang membawa wisatawan, juga wisatawan lokal juga sangat terlihat sekali," ujarnya.

Baca Juga: Tudingan Politisasi Bansos tak Terbukti, Jokowi Senang

Maka dari itu, Jokowi meminta laporan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengenai kondisi pariwisata sebenarnya dan investasi yang masuk setelah PPKM resmi dicabut di akhir tahun lalu.

"Saya hanya minta nanti ini laporan dari Menteri Pariwisata seperti apa, termasuk juga di dalamnya mengenai investasi di bidang pariwisata, utamanya yang pertama di Labuan Bajo, kemudian yang kedua di Mandalika, ketiga di Toba, dan yang keempat di Likupang," tuturnya.

Selain itu, Jokowi meminta jajarannya untuk melakukan inovasi dan memaparkan langkah-langkah yang perlu dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan investasi di Tanah Air.

Baca Juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

"Terutama terobosan dalam meningkatkan investasi di negara kita," ucapnya.

Ia pun memberikan arahan khusus kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan agar bisa menyusun kebijakan untuk menarik lebih banyak investasi di 2023.

"Untuk investasi saya minta menko marinves menyampaikan mengenai hal-hal yang perlu kita lakukan di 2023, terutama terobosan dalam meningkatkan investasi," pungkasnya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU