Home / Politik : ANALISA BERITA

Jokowi Pakai Relawan untuk Yakinkan Parpol Pilih Ganjar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 30 Nov 2022 20:38 WIB

Jokowi Pakai Relawan untuk Yakinkan Parpol Pilih Ganjar

i

 Ari Nurcahyo, Direktur Eksekutif PARA Syndicate

SURABAYAPAGI, Jakarta - Acara Relawan Nusantara di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022), yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan puluhan ribu orang, menimbulkan spekulasi di masyarakat.

Selain persoalan izin penggunaan GBK, banyak pengamat menilai Jokowi berusaha menggunakan relawan untuk meyakinkan parpol agar mau memilih Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Yusril: Prabowo-Gibran Penuhi Syarat Dilantik Presiden

Pertemuan Jokowi bersama seluruh elemen Relawan Nusantara untuk memanaskan mesin politik. Pasalnya, publik mengaitkan dengan izin penggunaan GBK yang sebelumnya dilarang untuk kegiatan politik, olahraga, dan konser musik. Masalah lain, penyalahgunaan Jalan Jenderal Sudirman yang dijadikan area parkir bus para relawan.

Aktivitas Relawan Nusantara ini jelas kegiatan politik, karena itu pemerintah inkonsisten dalam soal perizinan terkait kebijakan izin GBK tersebut. Apalagi berimbas pada ketertiban umum terkait parkir kendaraan.

Baca Juga: Alasan Pilpres Ulang, Dibeberkan Anies di Ruang Sidang MK

Menurut saya, seharusnya pihak panitia dan terutama Presiden Jokowi peka dan solider dengan kecemburuan publik terkait pemberian izin aktivitas Relawan Nusantara tersebut. Namun alih-alih peka dengan suara warganet soal penggunaan GBK, Jokowi lebih konsen meyakinkan agar kandidat calon presiden (capres) nya jadi pilihan masyarakat.

Jokowi sampai dua kali sebut 'rambut putih', seolah kode kuat ke Ganjar. Bukan hanya itu, Jokowi berusaha meyakinkan parpol soal Ganjar yang juga didukung banyak relawan sebagai mesin politik. Karena bagaimana pun, pencapresan tetap harus melalui parpol dan syaratnya adalah terpenuhinya electoral threshold 20 persen.

Baca Juga: Adu Cerdas Antar Advokat

Karena untuk mengajukan capres-cawapres itu adalah partai politik atau gabungan parpol, artinya presiden tidak bisa mengajukan, hanya mengusulkan saja ke partai.

Sehingga pernyataan Jokowi soal kriteria calon pemimpin sebagai bentuk upaya membangun opini. Jokowi membuat kriteria yang kuat sebagai masukan ke parpol soal sosok yang layak memimpin pada 2024. Yaitu pemimpin yang mikirin rakyat, meski baru sebatas kriteria berdasar raut wajah dan penampilan, seolah kriteria itu bukti kinerja yang pas bagi sang pemimpin.

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU