Jokowi Siap Beri Investor Produk Substitusi Impor Banyak Insentif

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 29 Nov 2022 15:49 WIB

Jokowi Siap Beri Investor Produk Substitusi Impor Banyak Insentif

i

Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para jajarannya untuk memberikan insentif bagi investor dan industri yang berhasil memproduksi barang substitusi impor. Pemberian ini menjadi salah satu dari empat langkah meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

"Berikan insentif bagi investor dan industri yang mengembangkan dan memproduksi produk substitusi impor," kata Jokowi saat memberikan sambutan secara daring dalam Rapat Koordinasi Monitoring Evaluasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Siang ini, Koalisi Perempuan Demo Desak Jokowi Hentikan Penyalahgunaan Kekuasaannya

Adapun Inpres Nomor 2/2022 terkait dengan percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk Usaha Mikro Kecil (UMK) dan koperasi dalam menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah

Menurut Jokowi, pemberian insentif menjadi salah satu dari empat langkah meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

Langkah lainnya, lanjut Presiden, adalah perlu peningkatan produk dalam negeri yang memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Kemudian, Jokowi menilai perlu ada percepatan proses digitalisasi untuk peningkatan penyerapan produk dalam negeri dan produk UMK dan koperasi. Dalam langkah tersebut, turut juga termasuk penggunaan kartu kredit pemerintah pusat dan daerah dalam pengadaan barang dan jasa.

Baca Juga: Tadi, BEM SI Desak Jokowi Hentikan Kesewenang-wenangan

Selain itu, langkah lainnya adalah peningkatan riset untuk menciptakan industri yang mampu mensubstitusi produk impor.

Dengan meningkatnya penggunaan produk dalam negeri, Jokowi menyebut, maka akan bertambah lapangan kerja dan menjadi stimulus bagi industri-industri kecil.

"Sehingga perekonomian nasional akan terus bergerak dan tumbuh secara berkelanjutan," ujarnya.

Baca Juga: Siang Nanti, Ratusan Mahasiswa dari 11 Kampus, Bakal Demo di Depan Istana Negara

Menurut data Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP), capaian penggunaan produk dalam negeri sudah mencapai angka Rp547 triliun atau 44,9 persen. Porsi 44,9 persen itu, menurut Jokowi, sebuah pencapaian yang cukup baik karena sudah melewati target yang dicanangkan sebesar 40 persen.

"Tapi belanja produk dalam negeri tahun 2023 harus lebih tinggi lagi," ucapnya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU