Home / Peristiwa : Jokowi-Puan, Sidak ke Sawah

Jokowi Spontan Temui Petani, Puan Bersepatu Sawah dan Bawa Wartawan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 07 Mar 2023 20:50 WIB

Jokowi Spontan Temui Petani, Puan Bersepatu Sawah dan Bawa Wartawan

Jokowi pun diklaim Ketum PDIP Megawati, petugas partai. Dan Puan Maharani, Ketua DPP PDIP. Keduanya pernah " pamer" ke sawah bersama petani.

 

Baca Juga: Ditanya Soal Hasil Pilpres, Menkes Ketawain Jokowi

JAKARTA, Kontributor Erick Kresnadi

 

Presiden Joko Widodo, Senin (6/3/2023) lalu menemui sejumlah petani yang sedang panen di sela-sela kunjungan kerjanya di Bandung. Dikutip dari siaran pers kepresidenan, Selasa (7/3) peristiwa itu terjadi ketika Jokowi dan rombongan dalam perjalanan menuju Bandung setelah meninjau Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq, Kabupaten Bandung.

Presiden Joko Widodo mendadak menghentikan rangkaian kendaraan di sebuah sawah. Ini terjadi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (6/3) siang.

Padahal, Jokowi sebenarnya hendak bertolak ke sebuah restoran untuk santap siang sebelum bertolak ke Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Namun di tengah perjalanan ke restoran, Jokowi berhenti di sebuah sawah di luar agenda yang direncanakan.

Saat melintasi Jalan Lingkar Baru Soreang, Presiden Jokowi meminta sopir mobil kepresidenan berhenti saat melihat sejumlah petani yang sedang memanen padi.

Setelahnya, Jokowi turun dari mobil dan menghampiri para petani tersebut untuk berbincang sejenak sambil mengecek langsung kondisi padi yang dipanen saat itu.

“Berapa harga gabah basah, berapa harga gabah kering, sudah tadi ketemu dan masih tinggi,” jelas presiden setelah bertemu denga sejumlah petani yang sedang panen.

Jokowi, hanya berbincang sejenak sambil mengecek langsung kondisi padi yang dipanen saat itu.

Jokowi menyebutkan, harga gabah kering yang diungkapkan oleh petani tersebut berada di angka Rp 6.000 per kilogram yang menurutnya masih tergolong baik.

“Ya baik dong kalau enam ribu (rupiah), hanya dikejar oleh harga pupuk yang tinggi yang dikeluhkan,” kata Jokowi.

Saat itu usai berbincang dengan para petani, Presiden Jokowi pun melanjutkan perjalanan menuju Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, Kota Bandung untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta.

 

Rekaman Puan Tanam Padi

Catatan Surabaya Pagi bulan September 2022, Ketua DPR Puan Maharani, turun ke sawah bersama para petani.

Puan Maharani turun menanam padi di salah satu area persawahan di Kabupaten Badung, Bali, pada Rabu (28/9/2022). Ia membawa wartawan.

Baca Juga: Menkes Tertawa, Jokowi Pilih Ketua Indonesia, Bukan Ketum Golkar

Dalam keterangan pers yang diterima, Puan Maharani menanam padi jenis Inpari 32 yang menghasilkan 7-9 per ton beras per hektar-nya.

Aksi Puan Maharani turun langsung menanam padi tersebut direkam dalam sebuah video singkat dan diunggah ke media sosial.

Tampak dalam video tersebut, Ketua DPP PDI-P itu mengenakan baju berwarna hitam dilengkapi dengan sepatu boots berwarna hitam.

Sebelum menanam padi, Puan digambarkan bercengkrama dengan tiga petani wanita di sampingnya.

Entah apa yang dibicarakan, tetapi sayup-sayup terdengar, Puan bertanya soal kegiatan menanam padi yang biasa dilakukan para petani.

 

Tanam Padi Jenis Inpari

Tibalah saat Puan menanam padi jenis Inpari. Ia tampak semringah dengan sesekali menghadap kamera yang menyorotnya.

Dalam video, satu ikat tanaman padi pertama yang ditanam Puan, langsung diiringi riuh tepuk tangan. Awalnya, Puan Maharani menanam padi dengan menatanya ke samping kiri.

Namun, tak selazimnya cara petani menanam padi, Puan menancapkannya dengan cara berjalan maju, bukan mundur.

Baca Juga: Prabowo, Cek Istana Presiden di IKN yang Akan Dihuni Jokowi, Juli 2024

 

Cara Puan Tanam Padi

Sedikit membungkukkan badan sebelum menancapkan padi, cara "tandur" maju itu bahkan diteruskan Puan Maharani hingga selesai.

Herannya, cara menanam padi yang tak biasa ini juga diikuti oleh petani yang turut dalam acara.

Cara menanam padi Puan Maharani seperti tak biasanya kita lihat dilakukan oleh petani.

Sebab, yang dikenal, cara menanam padi adalah tandur atau di-tata mundur.

Lewat unggahan di akun Instagram miliknya @puanmaharaniri, Puan menjelaskan bahwa cara menanam padi di Desa Sedang memang berbeda.

Sedang memang berbeda.

"Saya baru tahu pera petani di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali menanam dengan cara berbeda. Di sini arena tanam padi dibentuk segi empat, yang di tengah kotaknya harus diinjak. Tingkat basah lahan juga berbeda, dan makin ke depan ternyata tanahnya semakin dalam," tulis Puan. n jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU