Jokowi Telah Kantongi Nama Kandidat Gubernur BI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Feb 2023 13:04 WIB

Jokowi Telah Kantongi Nama Kandidat Gubernur BI

i

Foto ilustrasi. Foto: BI.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengkantongi beberapa nama yang akan menjadi calon kuat Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2023 -2028. Untuk diketahui, masa jabatan Gubernur BI Perry Warjiyo akan berakhir pada Mei 2023.

Kendati demikian, Jokowi masih enggan membeberkan terkait nama – nama yang masuk tersebut. Dalam waktu dekat, lanjut Jokowi, nama tersebut akan diserahkan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan atau fit and proper test.

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

Kepala Negara menyatakan, sejumlah nama tersebut masih dalam pertimbangannya. Ia menuturkan, nama-nama tersebut akan diputuskan hari ini atau besok.

"Kita putuskan kalau tidak hari ini, besok. Nama-namanya sudah masuk, ya," kata Jokowi usai meninjau sungai Ciliwung di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Mengacu kepada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK), calon Gubernur BI maksimum hanya 3 orang. Ada beberapa nama yang digadang-gadang masuk daftar calon Gubernur BI dan sudah ramai menjadi sorotan.

Pertama, Sri Mulyani Indrawati. Nama ini sudah tidak asing lagi, pasalnya ia menjabat Menteri Keuangan saat ini. Sri Mulyani sudah menorehkan banyak prestasinya dalam dunia pemerintahan dan perbankan. Ia juga menjabat sebagai Menteri Keuangan pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelumnya, Sri Mulyani Indrawati menepis kabar dirinya yang diisukan menjadi salah satu kandidat calon Gubernur BI. Ia menyebut bahwa akan tetap menjalankan tugasnya saat ini.

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

"Kami berempat (bersama BI, OJK, LPS) tetap fokus ngerjain apa yang ada dalam KSSK kita karena ini adalah tugas utama kita yaitu menjaga stabilitas sistem keuangan dan menjaga pemulihan ekonomi," kata Sri Mulyani di kantornya usai Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK I Tahun 2023, di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Beredar juga desas-desus kabar yang menyebut Perry Warjiyo akan kembali dipilih sebagai Gubernur BI untuk periode kedua.

Selain itu, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa juga diisukan akan menjadi calon Gubernur BI.

Menanggapi hal tersebut, Purbaya mengaku siap jika dirinya ditunjuk menjadi Gubernur BI. Sama halnya dengan Sri Mulyani, Purbaya menyatakan saat ini akan tetap fokus pada tugasnya sebagai Ketua Dewan LPS.

Baca Juga: Jokowi Dituding Lebihi Soeharto

"Wah saya belum tahu beritanya, seperti kata Bu Sri Mulyani tadi kita fokus pada kerjaan kita. Kita ikut perintah saja," ujar Purbaya.

Sementara untuk nama bakal calon Gubernur BI selanjutnya berasal dari internal BI, yakni Destry Damayanti.

Destry saat ini mengemban jabatan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia pada Juli 2019. Saat ini dirinya membawahkan beberapa fungsi termasuk fungsi pengelolaan keuangan sehingga juga merupakan Ketua Komite sekaligus Anggota Dewan Pengarah Komite Penyusun KAKBI. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU