Jual 4 Ekor Lutung Jawa, Dibui 10 Bulan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Feb 2021 20:33 WIB

Jual 4 Ekor Lutung Jawa, Dibui 10 Bulan

i

Terdakwa Samsudin, menjalani sidang diruang Cakra, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (04/02/2021). SP/BUDI

SURABAYAPAGI,Surabaya - Maraknya perdagangan satwa liar yang dilindungi dalam keadaan hidup tanpa ijin, serta lemahnya penegakan hukum, ternyata tak mampu dimanfaatkan oleh Samsudin untuk lolos dari jeratan hukum, yang menjalani sidang di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, secara online, Kamis (04/02/2021).

 Sidang dengan agenda pembacaan putusan oleh hakim ketua Sapruddin, Mengadili, Menyatakan, terdakwa " Melakukan perbuatan menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, mengangkut dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup."

Baca Juga: Tempati Rumah Tanpa Ijin, Diadili

 Terbukti bersalah melanggar Pasal 21 Ayat (2) huruf a dan c Jo Pasal 40 Ayat (2) UU. RI No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. 

Menghukum terdakwa Samsudin atas perbuatannya dengan pidana selama 10 bulan penjara, denda 50 juta, subsider 1 bulan penjara.

 Menyatakan barang bukti 4 ekor Lutung Jawa dikembalikan ke BKSDA Jatim, dan barang bukti mobil dikembalikan kepada pemiliknya. 

Putusan hakim lebih ringan dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sulfikar,SH dari Kejari Tanjung Perak Surabaya, yang menuntut terdakwa dengan 1 tahun dan 3 bulan penjara, denda 50 juta, subsider 1 bulan penjara.

 Terhadap putusan hakim, terdakwa Samsudin menyatakan menerima, " Saya menerima putusan yang mulia," ujar terdakwa. Sidang dinyatakan selesai dengan ketokan palu hakim.

Baca Juga: Diduga Lakukan Kejahatan Perbankan, Winarti BSM Bank BTPN Diadili di PN Surabaya

 Diketahui, bahwa terdakwa Samsudin pada hari Senin  tanggal 05 Oktober 2020 sekira jam 08.30 Wib.

Bertempat di Pelabuhan Penyebrangan Kapal Feri Kamal Bangkalan Madura. "Melakukan perbuatan menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, mengangkut dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup."

 Pada Hari Senin Tanggal 05 Oktober 2020 sekira pukul 07.30 Wib  terdakwa menjemput saksi Muhammad Fani di rumahnya menggunakan mobil, berangkat menuju rumah Hedi Sanjaya(DPO) untuk mengambil lutung Jawa  sebanyak 4 ekor.Yang disimpan ke 2 kerangkeng plastik masing masing berisi 2 lutung.

Baca Juga: PN Surabaya Eksekusi Gudang Jalan Kenjeran

 Selanjutnya terdakwa bersama saksi menuju penyebrangan Kapal feri Kamal, menemui seseorang yang akan membeli lutung harga per ekor 500 ribu, dengan keuntungan 100 ribu per ekornya.

 Selanjutnya pukul 09.00 wib, saksi Nanang Subiantoro dan saksi Heriyanto,saksi Hermawan dan saksi Sofyan Aribowo anggota Ditpolairud Polda Jatim, bersama saksi MHD.Irsan Lubis, Rahmat Hidayat dan Sumpena merupakan tim BKSDA Jatim, memeriksa 1 unit mobil yang dikemudikan terdakwa dengan saksi Muhammad Fani, dilakukan penggeledahan ditemukan 4 ekor lutung Jawa ditempatkan dalam 2 keranjang di bagian depan kursi.tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

 Diketahui 4 jenis satwa tersebut adalah Lutung budeng atau sering disebut Lutung jawa.nbd

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU