Juarai Seri ke-12, Puncaki Klasemen MotoGP 2021

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 30 Agu 2021 14:18 WIB

Juarai Seri ke-12, Puncaki Klasemen MotoGP 2021

i

Rider Yamaha, Fabio Quartararo saat berhasil menjuarai MotoGP Inggris 2021. SP/ AP

SURABAYAPAGI.com, Silverstone - Rider Yamaha, Fabio Quartararo, menjadi pemenang seri ke-12 MotoGP 2021 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu (29/8/2021) malam WIB. Quartararo mampu menjadi yang pertama setelah melahap 20 lap dengan catatan waktu 40 menit 20,579 detik.

Bagi Quartararo, ini merupakan kemenangan kelima di MotoGP 2021. Sebelumnya, dia menjadi juara di MotoGP Doha, MoroGP Portugal, MotoGP Italia, dan motoGP Belanda.

Baca Juga: Masih Dibekap Cedera, Alex Rins Dipastikan Absen di MotoGP Inggris 2023

Setelah jeda musim panas, ini merupakan kemenangan pertama Quartararo. Sebelumnya, dia menempati posisi ketiga di MotoGP Styria dan finis ketujuh di MotoGP Austria.

Dengan tambahan poin penuh di MotoGP Inggris, Quartararo kian nyaman di posisi teratas klasemen MotoGP 2021. Saat ini, rider Prancis itu mengumpulkan sebanyak 206 poin.

Namun beda nasib dengan Marc Marquz yang harus gigit jari di balapan kali ini. Dia terjatuh pada putaran pertama dan untuk keempat kalinya sepanjang musim ini gagal finis.

Insiden terjadi di tikungan kesembilan. Marc Marquez crash setelah menyenggol Jorge Martin saat ingin menyalip dan keduannya tergelincir.

Marquez sebetulnya sudah menyenggol Marin saat di tikungan kedelapan. Keduanya masih bisa mengendalikan motornya sebelum akhirnya kembali senggolan di tikungan selanjutnya.

Baca Juga: Paruh Pertama MotoGP 2023, Luca Marini Puas dengan Performa Tim

Aleix Espargaro kemudian mengambil keuntungan selepas insiden crash. Dia membuntuti Pol selaku adik kandung. Posisi kemudian melorot satu peringkat. Fabio Quartararo sukses menyodok di posisi kedua dan selanjutnya memimpin balapan saat tersisa 16 putaran lagi.

Sementara Valentino Rossi belum terlihat tampil sip selama balapan berlangsung tujuh putaran. Start dari posisi kedelapan, The Doctor turun ke urutan kesembilan.

Rossi tampak mengalami masalah pada motor. Di putaran ke-14, dia tiba-tiba sudah melorot ke urutan ke-16 dari sebelumnya ada di posisi kesembilan.

Aksi saling susul antara Aleix dan Jack Miller terjadi pada tiga tikungan akhir jelang garis finis. Beruntung bagi Aleix, posisi ketiga berhasil dipertahankan sampai menyentuh garis finis.

Baca Juga: Miller Minta Pembalap Lain Berhenti Mengeluh

Quartararo keluar sebagai juara setelah tak tertandingi sejak menyodok Pol. Hasil ini menjadi perbaikan untuk Quartararo setelah gagal finis di Inggris pada MotoGP 2019.

Pembalap berusia 22 tahun itu mengaku kini tidak terlalu mementingkan klasemen. Namun, dia tetap menganggap kemenangannya di Negeri Ratu Elizabeth adalah sesuatu yang penting untuk mengokohkan diri di puncak.

“Saya tidak terlalu fokus pada klasemen. Tetapi ketika anda melihat, anda memulai (MotoGP Inggris) dengan keunggulan 47 poin dan anda pergi dengan selisih 65 poin, tentu saja itu yang paling penting,” kata Quartararo, Senin (30/8/2021). Dsy16

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU