Jumlah Pasien Covid-19 Mulai Turun, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 30 Jun 2021 13:42 WIB

Jumlah Pasien Covid-19 Mulai Turun, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

i

Data update covid dan penyebaran covid di Lamongan per tanggal 29 Juni 2021. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Jumlah masyarakat yang terpapar covid-19 dan dirawat di sejumlah rumah sakit mulai turun, hal itu diketahui seiring dengan keterisian tempat tidur (BOR) perawatan pasien covid, yang semula sempat berada di angka 70,68 persen, kini BOR Lamongan berada di angka 68,39 persen, meski demikian masyarakat diminta tetap waspada dan menjaga prokes.

 Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Lamongan Taufik Hidayat, di sela kedatangannya di acara Karya Bhakti TNI di Desa Balun Kecamatan Turi. "Hingga  per tanggal 29 Juni secara akumulatif BOR di Lamongan berada di angka 68,39 persen, ada penurunan, tapi masyarakat saya minta tetap menjaga Promes," terangnya dokter Taufik.

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

 Meski secara umum ada penurunan kata Taufik, untuk BOR ICU masih berada di angka 74,19 persen. "BOR sudah turun, BOR sudah 68,39 persen sementara BOR ICU 74,19 persen," katanya.

 Taufik mengungkapkan, BOR di Lamongan ini diambilkan dari ketersediaan tempat tidur (bed) yang digunakan sebagai isolasi pasien Covid-19 yang berada di 19 rumah sakit. Seiringan turunnya BOR di Lamongan menjadi 68,39 persen ini, lanjut Taufik, tinggal mengatur ketersediaan tempat tidur (bed) yang ada di seluruh rumah sakit yang ada di Lamongan.  

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

"Terkait ketersediaan tempat tidur (bed) ini tinggal bagaimana me-manage, jadi tinggal komunikasi antar rumah sakit, mana rumah sakit yang masih tersedia bed sehingga bisa digunakan," terangnya. 

 Terkait zonasi penyebaran Covid-19, Taufik menyebut, saat ini masih ada 2 kecamatan di Lamongan yang berada di zona merah penyebaran Covid-19, yaitu Kecamatan Lamongan dan Kecamatan Kembangbahu. 

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

 Selain itu, ada sebanyak 6 kecamatan berada di zona oranye, 18 kecamatan berada di zona kuning dan 1 kecamatan sudah menjadi zona hijau, yaitu Kecamatan Sarirejo. "Mari kita taati peraturan pemerintah untuk melakukan Jaga Jarak Fisik dan Sosial. Wajib memakai masker jika keluar rumah dan tetap di rumah saja. Keluar rumah seperlunya saja," ajaknya. 

Sementara itu, data dari Dinas Kesehatan semula pada Senin (29/6/2021) menyebutkan, yang terkonfirmasi positif Covid di Lamongan berjumlah 130 orang. Sedangkan yang isolasi mandiri yang sebelumnya 249 orang berkurang menjadi 229 orang.jir

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU