Jumlah PMI di Kota Batu Meningkat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Mei 2021 19:38 WIB

Jumlah PMI di Kota Batu Meningkat

i

Penjemputan PMI asal kota Batu oleh petugas di tempat karantina

 

 

Baca Juga: Libur Lebaran, Pemkot Batu Target 1 Juta Kunjungan Wisatawan

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Gelombang kedatangan pekerja migran Indonesia (PMI) mulai meningkat. Jumlah pekerja migran indonesia (PMI) asal Kota Batu mulai berdatangan ke kampung halaman.

Pemkot Batu melalui instansi lintas sektor melakukan penjemputan PMI di Asrama Haji Sukolilo. Penjemputan dilakukan oleh Dinkes, Dishub dan Bidang Ketenagakerjaan DPMPTSP-TK.

Para PMI yang pulang ke kampung halaman harus menjalani isolasi terlebih dahulu.

Beberapa hari lalu, ada dua PMI asal Kota Batu yang tiba terlebih dahulu. Keduanya berasal dari Desa Gunungsari dan Tulungrejo. Mereka bekerja di Singapura dan Taiwan.

Sepanjang 2020-2021 data dari DPMPTSP-TK Kota Batu, mencatat ada 24 PMI asal Kota Batu. Sebagian besar bekerja di Hong Kong.

Menjelang Lebaran 2021, jumlah warga yang pulang ke kampung halaman meningkat.

Baca Juga: Pemkot Batu Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Jateng

Sejauh ini, Pemkot Batu memfasilitasi kepulangan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan ada tahapan-tahapan yang harus dilalui PMI sebelum akhirnya berkumpul dengan keluarga.

 Mengingat mereka datang dari lintas negara sehingga harus dipastikan bebas virus Corona ( Covid-19 ).

 "Kami siapkan memfasilitasi ketika sampai di Kota Batu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Punjul, Minggu (9/5).

Baca Juga: Kapolres Batu Ajak Warga Jaga Kamtibmas saat Safari Ramadhan Bersama Forkopimda

 Ia mengatakan, Pemkot Batu telah menyiapkan segala mekanisme bagi PMI asal Kota Batu yang pulang. Mekanisme itu meliputi tes swab PCR dan selanjutnya dikarantina, setelah itu  dijemput untuk diantar ke rumah mereka masing-masing.

 Mereka juga harus menjalani isolasi selama lima hari di rumah. Berlanjut pada tahap berikutnya yakni tes antigen, bagi yang hasilnya negatif diperkenankan bertemu keluarganya.

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU