Jumlah Wisatawan ke Jember Meningkat, Sumbang PAD Hanya 5 Persen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 26 Mar 2023 07:20 WIB

Jumlah Wisatawan ke Jember Meningkat, Sumbang PAD Hanya 5 Persen

i

Pelaksana Tugas Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman.

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada tahun 2022 tercatat sebanyak 502.538 orang wisatawan nusantara dan 690 wisatawan mancanegara. Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2021 yang sebanyak400.444 orang.

Pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata pun tercatat meningkat dari 3,54 persen pada 2021 menjadi 5,33 persen tahun lalu. Kendati demikian, kontribusi sektor pariwisata untuk PAD hanya lima persen.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan ke Jember Naik Selama Libur Lebaran 2024

“Seiring dengan semakin pulihnya kondisi pasca pandemi, maka berdampak pula terhadap berkembangnya sektor pariwisata di Kabupaten Jember,” kata Pelaksana Tugas Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman dalam Sidang Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Jember 2022 di gedung DPRD Jember, Jumat (24/3/2023) malam.

Firjaun mengatakan bahwa pada 2022, Kecamatan Wuluhan menjadi pilot project pengembangan kawasan wisata dengan melakukan penguatan pemberdayaan masyarakat melalui workshop kelompok sadar wisata (pokdarwis) dengan memberi dukungan sarana prasarana wisata, promosi wisata

Baca Juga: Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Gerakan Pangan Murah

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Jember juga menggelar sejumlah kegiatan untuk menarik wisatawan seperti Jember Fishing Tourism dan mengeksplorasi destinasi wisata Wuluhan. Setiap kegiatan bupati juga selalu dibuka dengan atraksi seni dan budaya.

“Dikenal dengan istilah ‘Festival Budaya Daerah Mengikuti Kegiatan Bupati’ dan dilakukan secara bergiliran oleh sanggar atau komunitas seni di Kabupaten Jember,” ujarnya.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

Untuk diketahui, dari aspek perlindungan terhadap benda cagar budaya, terdapat 470 benda atau situs yang dirawat dan dilestarikan.

“Untuk menjaga dan merawat benda cagar budaya yang ada, dilakukan pengangkatan juru pelihara yang ditempatkan di beberapa situs cagar budaya di wilayah Kabupaten Jember,” tutupnya. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU