Kabupaten Jombang Targetkan 10 Besar Porprov VIII Jatim 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Mei 2023 12:07 WIB

Kabupaten Jombang Targetkan 10 Besar Porprov VIII Jatim 2023

i

Konsolidasi dan Bimtek persiapan Porprov VIII Jatim 2023. Foto: Diskominfo Jombang.

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jombang menyelenggarakan konsolidasi dan bimbingan teknis (bimtek) untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur (Jatim) tahun 2023 di Pendopo Kabupaten Jombang, Selasa (23/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab menargetkan kontingen Jombang bisa masuk 10 besar pada ajang tersebut.

Selain itu, Mundjidah juga meminta pengurus KONI Kabupaten Jombang, pengurus Cabang Olahraga (cabor), atlet dan seluruh stakeholder bersatu padu, memperkuat kekompakan, mengobarkan semangat meningkatkan prestasi olahraga.

“Saya berharap perolehan medali kontingen Kabupaten Jombang dapat meningkat, Jombang bisa masuk dalam peringkat 10 besar di Jawa Timur. Sehingga berdampak positif terhadap peningkatan prestasi Kabupaten Jombang pada Porprov 2023. Mengingat Kabupaten Jombang merupakan salah satu tuan rumah selain Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto,” kata Mundjidah.

Sebelumnya, hasil evaluasi capaian prestasi pada Porprov VI, Kabupaten Jombang berada di peringkat 21 dan Porprov VII di Lumajang berada di peringkat 18.

“Untuk itu pada Porprov VIII tahun 2023 ini kita harus dapat meningkatkan capaian prestasi kita di 10 Besar,” ujarnya.

Melalui forum itu, Bupati mengajak seluruh pengurus cabang olahraga bersama dengan Pemerintah Daerah untuk membuat rencana strategis yang harus dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan.

“Untuk peningkatan program pengembangan dan pembinaan olahraga masyarakat, olahraga pendidikan, dan olahraga prestasi secara terintegrasi,” ucapnya.

Ia menilai, program pembinaan jangka panjang harus disiapkan dengan matang. Mulai dari sarana prasarana, sumber daya manusia, hingga program pembinaannya. Seluruh pengurus harus kerja keras melakukan pendataan secara detail terhadap atlet-atlet dari seluruh cabor yang akan ikut berlaga ke Porprov mendatang.

“Seluruh cabor yang lolos harus terdata secara detail agar persiapan kita lebih matang menghadapi Porprov,” tuturnya.

Putri pahlawan nasional KH Abdul Wahab Chasbullah ini berpesan kepada para atlet, pelatih harus selalu semangat berusaha berlatih agar dapat membawa pulang medali sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Jombang.

“Akan saya mintakan kepada sekda untuk menaikkan dana pembinaan melalui P-APBD 2023 agar lebih semangat. Terlebih lagi kita sebagai tuan rumah tahun ini, segera rumuskan kiat kiat yang harus dilakukan,” jelasnya.

Bupati pun kembali mengajak semua pihak yang terlibat untuk saling bersinergi dan bekerja keras agar Porprov berjalan lancer dan sukses serta menghasilkan banyak prestasi.

“Mari kita saling bersinergi, bekerja keras agar Porprov berjalan lancar, sukses, dan Kabupaten Jombang meraih banyak medali,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Jombang Heru Ariwanto mengatakan bahwa tujuan diadakan konsolidasi dan bimtek adalah untuk menentukan langkah dan program sebelum pelaksanaan Porprov tahun ini. Dengan harapan atlet kontingen Kabupaten Jombang mampu meraih prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Tak hanya itu, digelarnya konsolidasi dan bimtek juga bertujuan untuk memperkuat kekompakan agar seluruh cabor bisa meningkatkan prestasinya pada Porprov yang digelar tahun ini.

”Sebagai tuan rumah, kami berharap dapat memberikan pelayanan terbaik pada pelaksanaan Porprov VIII Jatim Tahun 2023, yang akan dimulai pada 9-16 September 2023. Kami minta dukungan agar bisa mencapai target dan memperbaiki peringkat dibanding 2022 lalu,” ujar Heru.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Kabupaten Jombang memiliki 43 Cabor. Namun yang akan mengikuti Porprov kali ini sebanyak 40 Cabor. Adapun jumlah atlit yang diturunkan sekitar 286 orang dan pelatih 79 orang.

“Kami berharap bisa mencapai target dari bupati, masuk 10 besar, dengan minimal 20 medali emas,” harapnya.

Heru menyebut, ada 10 Cabor yang dilaksanakan di Kabupaten Jombang, selaku salah satu tuan rumah Porprov VIII Jatim tahun 2023. Di antaranya Cabor karate, pencak silat, taekwondo, kempo, kick boxing, selam kolam, tinju, tenis meja, tenis lapangan dan sepak bola.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Forkopimda Kabupaten Jombang, Kepala OPD terkait, Ketua Umum KONI Kabupaten Jombang dan segenap pengurus, para peserta konsolidasi dan bimtek yang terdiri dari perwakilan pengurus 43 Cabor.

Sejumlah materi pada kegiatan tersebut disampaikan oleh Kepala Disporapar Kabupaten Jombang Bambang Nurwijanto, Ketua KONI Kabupaten Jombang Heru Ariwanto dan Dr. Irmantara Subagia dari KONI Jawa Timur menyampaikan materi terkait Pemetaan Potensi Atlet Kabupaten Jombang pada Porprov VIII Jatim Tahun 2023. jbg

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU