Kabupaten Kediri Ditunjuk Menjadi Tuan Rumah All Indonesia Koi Show 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Des 2022 15:49 WIB

Kabupaten Kediri Ditunjuk Menjadi Tuan Rumah All Indonesia Koi Show 2023

i

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafid

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Diperkirakan 2000 ekor ikan koi ikut ambil bagian dalam gelaran kontes bertajuk 19 th All Indonesia Koi Show 2023 yang diselenggarakan di gedung  Convention Hall Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri

Penyelenggaraan acara All Indonesia Koi Show 2023  ini diadakan mulai tanggal 16-18 Desember 2022. Dikatakan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafid, sejak kemarin pihaknya telah  membuka pendaftaran secara online.

"Sementara ini baru sekitar 500 peserta. Tapi informasi nantinya sampai 2000 peserta. kalau penyelenggaran tahun kemarin yang mengadakan Kediri Koi Club bersama Pemda bisa mencapai 2500 peserta itu terbesar seluruh Indonesia," terangnya di lokasi, Jumat (16/12/2022).

 

Peserta yang ikut lomba berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya peserta dari Palembang, mereka rela  datang ke Kediri ikut  berkompetisi dengan maksud untuk meningkatkan nilai ikan koi peliharaannya.

"Tujuan lomba kan untuk meningkatkan nilai, karena ikan hias itu kan kesenangan ya. Sehingga diperlukan kegiatan show seperti ini. Kalau hadiahya teman-teman penghobi tidak begitu memperhatikan yang penting itu ada sertifikat dan juara nanti akan meningkat sendiri nilainya," tutur Nur Hafid.

Para peserta yang ikut kebanyakan dari kalangan penghobi, untuk peternak hanya sebagian kecil. Mereka nantinya akan dipilih 100 pemenang dari berbagai kategori yang dilombakan. Diantaranya berdasarkan penilaian  ketentuan ukuran atau Best Size. Para peserta  ini diijinkan membawa 5-10 ekor ikan koi untuk dilombakan.

Ada 3 piala utama yang ikut diperebutkan, antara lain piala Kementrian Kelautan dan Perikanan, Piala Gubernur dan Piala Bupati, serta piala skala kecil lainya. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 200 juta.

Juri yang dilibatkan 15 orang. Mereka dinilai memiliki kapasitas yang mumpuni di bidangnya. "Mereka berlatar belakang dari APKI (Asosiasi Pecinta Koi Indonesia) jadi mereka ini para juri mengantongi sertifikat."

Even ini merupakan bentuk penghargaan dari All Indonesia Koi Show yang diberikan kepada  Pemerintah Kabupaten Kediri, terutama Bupati yang telah ikut berperan aktif membantu pengembangan ikan Koi di Kediri.

"Ini merupakan penghargaan bagi Pemkab Kediri terutama Mas Bup untuk kinerjanya membantu pengembangan ikan Koi di Kediri. Jadi All Indo itu baru kali ini diletakan di daerah satu satunya di Kediri. Biasanya di Jakarta. Kemudian hari ini untuk Koi Show  dibuka  pendaftaran , lalu besok Sabtu 17 Desember 2022 masuk ke penilaian, kemudian hari Minggu 18 Desember 2022 pengumuman pemenang," ujarnya. 

Selama ini peran dari Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan sangat aktif dalam pengembangan pemberdayaan ikan koi. Mulai dari membantu mencarikan induk ikan koi yang berkualitas baik, memfasilitasi perizinan pengeluaran  ikan  dengan menggandeng Balai Karantina serta melakukan pembinaan kepada para peternak ikan Koi.

Disebutkan Produksi Ikan Koi di Kediri setiap tahun mencapai kurang lebih 78 juta ekor. Jika dihitung secara  nominal, nilai ekonomisnya mencapai setengah triliun. Can

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU