Kabupaten Ponorogo Belum Bisa Vaksinasi Anak usia 6-11 Tahun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 14 Des 2021 17:38 WIB

Kabupaten Ponorogo Belum Bisa Vaksinasi Anak usia 6-11 Tahun

i

Vaksinasi anak yang dilakukan beberapa waktu yang lalu.

SURABAYAPAGI.COM, Ponorogo - Vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun sudah dimulai di beberapa wilayah di Jatim. Kendati demikian tak seluruh wilayah di Jatim yang akan melakukan vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Jubir Satgas COVID-19 Jatim Dr Makhyan Jibril mengatakan, 21 daerah yang mulai melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, salah satunya Surabaya Raya (Gresik, Surabaya dan Sidoarjo).

Baca Juga: Laka Lantas Mobil Pikap Vs Motor di Ponorogo, 1 Emak-emak Tewas Ditempat

Selain itu, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Jombang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan.

"Kemudian di Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Tuban, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan," kata Jibril di Surabaya, Selasa (14/12/2021).

Jibril mengungkapkan, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dilakukan di Puskemas terdekat sesuai domisili kartu keluarga. Vaksinasi juga dilakukan di sekolah tempat anak-anak usia 6-11 tahun.

Sementara itu, kabupaten Ponorogo menjadi salah satu wilayah yang belum bisa melakukan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun. Hal tersebut dikarenakan capaian vaksin dewasa dan lansia belum memenuhi target.

Baca Juga: Warga Ponorogo Serbu Gerakan Pangan Murah

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo Heni Lastari mengatakan capaian vaksinasi dewasa di Ponorogo masih mencapai 60 persen sedangkan vaksin lansia baru mencapai 38,7 persen.

Padahal dari Kemenkes dan pemerintah pusat, vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun bisa dilaksanakan jika vaksinasi dewasa mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia 60 persen.

"Ponorogo belum bisa melaksanakan vaksinasi anak karena terkendala persyaratan tersebut," kata Heni kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

Saat ini vaksinasi anak dilakukan di 115 Kabupaten dan Kota di Indonesia yang capaian vaksinnya sudah memenuhi target. Pihaknya pun berharap berbagai pihak bisa bahu membahu menyukseskan vaksinasi.

"Kita harus bersinergi, harus kompak. Menyegerakan masyarakat divaksin, kita bahu membahu untuk cakupan vaksinnya," ujar Heni.

Heni pun sekaligus ingin mensosialisasikan tentang penggunaan vaksin COVID-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun adalah vaksin Sinovac Coronavac dan vaksin Covid-19 dari Bio Farma.

"Sekali suntik dosis 0,5 mililiter sebanyak dua dosis dengan interval 28 hari pada lengan sebelah kiri," imbuh Heni.

Ponorogo sendiri, lanjut Heni, data di Dispendukcapil ada 74 ribu sasaran anak yang bisa menerima vaksin. Pelaksanaan nanti bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, layanan kesehatan, klinik, sekolah maupun lembaga berbasis kesejahteraan sosial anak.

"Semoga cakupan vaksinasi dewasa dan lansia segera terpenuhi targetnya dan kita bisa vaksin anak," pungkas Heni.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU