Kader Muda PDI Blusukan Bagikan Beras

Pemberian bansos secara simbolis

SURABAYAPAGI, Surabaya - Anggota termuda Fraksi PDI-P Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am membagikan 3 ton beras kepada warga yang terdampak Covid-19 di Surabaya.

Beras dalam kemasan 5 kiloan itu ia prioritaskan kepada masyarakat terdampak Covid yang belum tersentuh Bantuan Sosial (Bansos) oleh Pemkot Surabaya.

Dengan dibantu tim dan warga sekitar Ghoni memilih membagikan beras-beras tersebut secara Blusukan alias dari pintu ke pintu, agar tidak menimbulkan kegaduhan diantara warga sekitar.

"Kita memang sengaja dari pintu ke pintu, dan yang kita sasar merupakan warga-warga yang betul-betul membutuhkan permakanan, kita sudah kantongi data karena sebelumnya tim saya sudah survey," ucap Abdul Ghoni kepada ngopibareng, Minggu 17 Mei 2020.

Sekertaris Fraksi PDI di DPRD Surabaya tersebut, juga menyebut pada jauh-jauh hari, dirinya bersama tim telah menyiapkan data yang ia korek di lapangan. Ia mengatakan beberapa road map penerima memang telah ia hitung, mulai golongan-golongan yang membutuhkan permakanan lebih seperti panti asuhan dan janda-janda tua.

"Kita punya tim yang sudah kroscek dilapangan, selain warga dilingkungan sekitar saya. Ada kurang lebih 6 kecamatan yang kita sasar dengan golongan penerima yang berbed-beda yang jelas memang warga kota Surabaya yang membutuhkan, bukan warga kota Surabaya yang termiskinkan oleh data (diluar data MBR)," tambahnya.

Anggota di Komisi C itu juga berharap upaya yang ia lakukan tersebut bisa sedikit melonggarkan beban para penerima bantuan di kota Surabaya. Pasalnya, sampai saat ini Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang disiapkan oleh Pemkot belum juga ada kejelasan terkait Road Map nya.

"Ya semoga bermanfaat, apalagi sebentar lagi lebaran. Semoga bisa membantu lah," harapnya.

Sementara itu, Anis (37) salah satu warga kelurahan Bulak Surabaya mengatakan dirinya cukup senang saat mendapat jatah beras tersebut. Pasalnya sampai saat ini dirinya mengaku sudah tidak memiliki pemasukan lantaran terpaksa dirumahkan dari pekerjaanya ditengah situasi Pandemi Covid-19 ini.

"Alhamdulillah senang lah mas, isok tak buat lontong nanti pas riyoyo (Lebaran Idul Fitri red)," ucap Anis.

Ia juga meminta kepada Pemerintah Kota Surabaya untuk menambah bantuan kepada segenap Warga kota Surabaya lantaran PSBB yang diperpanjang.

"Yo nek PSBB diperpanjang Kudune bantuan e ditambahi (Ya kalo PSBB diperpanjang seharusnya ada tambahan bantuan red) untuk warga Surabaya," tandasnya.byt