KADIN Jatim Jalin Kerja Sama Perdagangan dengan Pengusaha Australia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 25 Mei 2023 11:50 WIB

KADIN Jatim Jalin Kerja Sama Perdagangan dengan Pengusaha Australia

i

Kunjungan pengusaha Australia Oceanic Group di kantor Kadin Jatim, Kota Surabaya, Rabu (24/5/2023). Foto: Kadin Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) menerima kunjungan sejumlah pelaku usaha di Australia Oceanic Group pada Rabu (24/5/2023). Tujuan kedatangan mereka yakni untuk menjalin kerja sama sama perdagangan khususnya kertas, dolomit, dan sapi serta pendidikan atau peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Para pengusaha tersebut terdiri dari Oceanic Group Senior Advisor Jonathan O'Dea didampingi oleh Senior Manager Oceanic Multitrading PYY. LTD. Anthony Merriott dan Managing Director Ocean Cattle Stations Nisin Sunito.

Baca Juga: KADIN Jatim Bakal Permudah Perijinan UMKM

Kehadiran mereka disambut baik oleh Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto bersama Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Internasional Kadin Jatim Tomy Kayhatu dan Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan dan Peningkatan SDM Nurul Indah Susanti.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Polowijo Gosari Didik Pribadi Arifin, Commercial Sales Manager Europe & Oceania Stationery Business Unit PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. Bagus Arifin dan sejumlah pengusaha lainnya.

Dalam kesempatan itu, Adik mengungkapkan bahwa Jatim memiliki potensi yang sangat besar yang bisa disinergikan dengan pengusaha Australia. Pihaknya menuturkan bahwa Kadin akan berusaha menfasilitasi apa yang mereka inginkan dalam rangka meningkatkan kinerja ekonomi Jatim.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya langsung melakukan pertemuan dengan industri kertas dan industri dolomit.

"Potensi ini harus ditangkap. Kami langsung pertemuan dengan industri kertas dan industri dolomit. Harapan kami, disamping ada ekspor kesana, mereka juga akan melakukan investasi di Jatim.

Baca Juga: Rusia Jalin Komitmen Perdagangan dengan Jatim

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa selain kerja sama di bidang perdagangan, juga ada lagi kerjasama di bidang pendidikan.

“Sudah kami pertemukan dengan Kadin Institute. Ada kesepakatan program pemagangan di bidang agro yang meliputi pertanian dan peternakan. Nantinya akan ada pengiriman pelajar magang dari Indonesia ke Australia,” terangnya.

Sementara itu, Jonathan O'Dea menjelaskan bahwa Oceanic Cattie Stations Pty. Ltd. Australia adalah perusahaan yang bergerak di sektor sapi hidup dengan area peternakan seluas 331.800 hektare (4,78 kali luas Singapura) yang terletak di Darwin.

Baca Juga: Kadin Jatim Gandeng Gubernur Narathiwat Kembangkan Produksi Durian

"Dalam setiap tahun, ada sekitar 300.000 sapi hidup dari Darwin diekspor ke negara-negara di Kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia," ujar Jonathan.

Tak hanya bergerak di bidang sapi hidup, Oceanic Cattle Stations Pty. Ltd. juga beroperasi di sektor importasi kertas (100.000 ton per tahun), ekspor limbah kertas (yang diproses secara ramah lingkungan untuk dijadikan kertas koran oleh PT Aspex Indonesia), serta produk kimia untuk plywood, newsprint dan industri pertanian.

"Kunjungan kerja Oceanic Cattie Stations Pty. Ltd. ke Surabaya ini bermaksud untuk mengembangkan bisnis pada kegiatan impor kertas, ekspor dolomit, pasokan peralatan modal dan investasi (capital eguipment supply and investment) dan di sektor pendidikan," terangnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU