Kadisnakertrans Himawan Lepas 11 Keluarga Transmigrasi Ke Sulbar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 25 Okt 2021 10:52 WIB

Kadisnakertrans Himawan Lepas 11 Keluarga Transmigrasi Ke Sulbar

i

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Himawan Estu Bagijo melepas 11 keluarga dengan 38 jiwa Transmigrasi ke Sulawesi Barat, Minggu (24/10/2021).SP/KOMINFO JATIM

SURABAYAPAGI,Surabaya - Sebanyak 11 keluarga dengan 38 jiwa akan melakukan Transmigrasi ke Sulawesi Barat pada Minggu (24/10/2021)petang. Sebanyak 11 keluarga tersebut berasal dari Kabupaten Trenggalek dan Blitar. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Himawan Estu Bagijo menjelaskan,  proses keberangkatan ke Mamuju Sulbar ini cukup lama.Sebelum berangkat 11 keluarga ini diberi ketrampilan Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) di Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati Singosari.

Baca Juga: Disnakertrans Jatim Adakan Pelatihan Pengukuran Produktivitas Perusahaan

Transmigrasi merupakan salah satu program yang cukup strategis dari pembangunan nasional karena program transmigrasi berkaitan langsung dengan upaya-upaya meningkatkan taraf hidup transmigrasi dan masyarakat sekitarnya.  

”Kami berharap mudah-mudahan mereka terus menikmati dan berjalan dengan baik. Keberangkatan mereka  didampingi oleh kawan-kawan dari Kementerian dari kabupaten asal, dan dari provinsi untuk memastikan bahwa mereka sampai di tempat tujuannya dan diterima dengan tepat oleh pemerintah kabupaten dan provinsi tujuan,” ujar Himawan. 

Baca Juga: Disnakertrans Jatim Sebut Tenaga Kerja Disabilitas Masih Jadi PR

"Harapan kami pada para transmigrasi nanti bisa memperbaiki/memperoleh kehidupan, bisa menerima dan mengolah lahan dengan tepat, serta sejahtera dalam kehidupan. Ini bagian membangun dari satu kesejahteran yang meluas warga Jatim dan mengurangi angka pengangguran,” ujar Himawan. 

Sementara itu Kepala Bidang Transmigrasi. Achmad Zaifoer mengatakan, sebelum diberangkatkan calon transmigrasi dari kabupaten daerah asal ditransitkan terlebih dahulu di transito Transmigrasi Disnakertrans Jatim dan calon transmigrasi ini mendapatkan pelayanan penampungan, permakanan, pemeriksaan kesehatan (termasuk swab PCR), angkutan (pesawat), packaging barang bawaan diberi bantuan sandang dan diberikan obat bekal.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Harap 121 Warga Jatim Bisa Sukses di Sulawesi

Dari asal calon transmigran dari Kabupaten Trenggalek sebanyak 8 KK (26 jiwa) tujuan UPT Salulisu Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat, sedangkan transmigran dari kabupaten Blitar sebanyak 3 KK (13 jiwa) tujuan UPT salundeang Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat.

Bagi calon transmigrasi juga diberikan  pelatihan peningkatan kompetensi bagi calon transmigrasi sebelum diberangkatkan terlebih dahulu diberikan pelatihan peningkatan kompetensi di UPT BLK Wonojati Disnakertrans Provinsi Jawa Timur selama 7 hari dengan jenis pelatihan pertanian perikanan dan peternakan untuk KK calon transmigrasi dan pelatihan pengolahan hasil pertanian untuk istri calon transmigrasi pelatihan peningkatan kompetensi calon transmigrasi sudah diberikan dilaksanakan pada tanggal 21 sampai dengan 27 September lalu.kom/her/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU