Kalahkan Austria, Giliran Belanda Lolos 16 Besar Euro 2020

Timnas Belanda. SP/Eufa

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Jelang pertandingan Tim Nasional Belanda melawan Austria dalam laga lanjutan Grup C Euro 2020 pada Jumat (18/6/2021) yang berlangsung di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Netherlands ini berakhir dengan skor kemenangan Belanda atas Austria 2-0.

Awalnya Timnas Belanda tampil kurang efektif pada babak pertama karena hanya mampu melepaskan satu tembakan yang tepat mengarah ke gawang Austria, namun pada menit kesebelas Memphis Depay membuka keunggulan lewat tendangan penalti.

Setelah melihat VAR, wasit memutuskan memberikan penalti kepada Belanda. Depay yang menjadi eksekutor sukses mencetak gol. Skor 1-0 untuk Belanda bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Austria mencoba mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-60, manajer Tim Nasional Austria, Franco Foda, menarik keluar penyerang mereka Michael Gregoritsch dan memasukkan Sasa Kalajdzic. Selain itu, Foda juga mengganti gelandang tengah mereka, Konrad Laimer, dengan Florian Grillitsch.

Tim Nasional Belanda juga menarik tiga pemain mereka pada menit 64. Yaitu Daley Blind, Wout Weghorst, dan Patrick van Aanholt. Sebagai gantinya, pelatih Belanda, Frank de Boer, memasukkan Nathan Ake, Donyell Malen, dan Owen Wijndal.

Di menit ke-67, Austria malah kebobolan. Belanda menambah gol lewat tendangan Denzel Dumfries. Gol ini tercipta setelah Depay mampu memanfaatkan kelengahan lini belakang Austria yang terlalu maju. Ia mengoper bola kepada Malen yang ada di sisi kiri lapangan. 

Menurut aturan UEFA, jika Belanda punya poin sama dengan Austria atau Ukraina, maka tim asuhan Frank de Boer itu yang berhak jadi juara grup.

Sebab, Belanda unggul head-to-head dari rival-rivalnya itu. Sebelum mengalahkan Austria, Belanda membekuk Ukraina 3-2 di partai pertama. Belanda akan menghadapi salah satu dari peringkat tiga terbaik dari Grup D, E dan  F.

Jika mengacu ke posisi saat ini, posisi tiga Grup D ditempati Kroasia, E (Swedia) dan F (Jerman). Namun, komposisi ini masih bisa berubah mengingat baik Grup D, E dan F baru melakoni satu pertandingan. Dsy19