Kalahkan Belgia, Lolos ke Fase Gugur Tunggal Putri

Gregoria Mariska saat bertanding di cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. SP/ Reuters

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Setelah tim ganda putri berhasil menjuarai grup A bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020, kini giliran pemain tunggal putri Indonesia yang kembali harumkan bangsa. Tunggal putri andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung lolos ke fase gugur bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 setelah keluar sebagai juara Grup M.

Kepastian itu didapat setelah Gregoria Mariska mengalahkan wakil Belgia, Lianne Tan, dengan skor 21-11 dan 21-17 di Musashino Forest Sports Plaza, Rabu (28/7/2021) pagi WIB.

Gregoria berhasil menang pada interval pertama gim pertama dengan skor terpaut jauh 11-6. Kemudian, di interval kedua set pertama, Gregoria tak mengendurkan serangan dan berhasil mempertahankan kedudukan.

Pada akhirnya, Gregoria berhasil menang pada gim pertama dengan skor 21-11. Berlanjut pada gim kedua, Gregoria memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik dan unggul jauh di interval pertama gim kedua dengan skor 11-6 atas Lianne Tan.

Berlanjut pada interval kedua gim kedua, meski sempat beberapa kali Gregoria terpantau salah perhitungan sehingga menyumbangkan angka untuk Lianne Tan. Akan tetapi, Gregoria berhasil memperbaiki kesalahannya dan terus menambah pundi-pundi angka. Hasilnya, Gregoria menang dengan skor 21-17 atas wakil Belgia.

Di fase gugur bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020, Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung dipastikan menghadapi lawan berat di babak 16 besar cabang bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Dia akan melawan ratu bulutangkis Thailand, Ratchanok Intanon.

Disisi lain, Ratchanok sendiri sukses menaklukkan wakil Malaysia, Soniia Cheah Su Ya di laga pamungkas penyisihan Grup N, Rabu 28 Juli 2021. Dia menang lewat rubber game, 19-21, 21-18, 21-10 di Musashino Sport Plaza, Tokyo.

Dari hasil tersebut, Ratchanok dipastikan sebagai juara Grup N dan akan menghadapi Gregoria yang berstatus sebagai juara Grup M. Saat ini, Ratchanok bersatus sebagai unggulan kelima di Olimpiade 2020. Sedangkan Grego merupakan unggulan ke-14. Dsy19