Kali Ketiga, C&CC Untag Partisipasi dalam National Virtual Career Hack

Counselling and Career Center Untag Surabaya berpartisipasi dalam National Virtual Career Hack. Selasa (02/03/2021).. SP/ MOCHAMMAD KASYFI FAHMI   

SURABAYAPAGI, Surabaya - Faktanya, pandemi COVID-19 menuntut adaptasi di segala bidang, tak terkecuali pelaksanaan job fair dan campus hiring yang banyak digelar secara virtual. Bagian Counselling and Career Center Untag Surabaya berpartisipasi dalam National Virtual Career Hack. Selasa (02/03/2021). 

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara 17 perusahaan sponsor dan 100 pusat karir dari berbagai perguruan di Indonesia, termasuk C&CC Untag Surabaya. Kegiatan ini didukung penuh oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan diikuti oleh ratusan pejuang karir dari berbagai Perguruan Tinggi dan daerah di Indonesia. 

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI mengapresiasi kolaborasi 100 pusat karir di Indonesia ini. “Dibutuhkan inovasi dan kerja keras dari kita (perguruan tinggi) dalam menghadapi tantangan dunia kerja dan bonus demografi," kata Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. 

Perguruan tinggi perlu untuk menyiapkan para mahasiswa agar menjadi SDM yang siap kerja dan tangguh  saat memasuki dunia profesi. “Didukung kebijakan Kampus Merdeka, mahasiswa berkesempatan mengasah beragam kompetensi kreativitas. Karena itu perlu kerjasama pentahelix antara akademisi dan sektor lainnya seperti bisnis, komunitas, perbankan, pemerintah dan media. Itu harus dibangun,” tegasnya. 

Koordinator Utama NVCH Career and Business Coach, yakni Nurhadi Irbath, ST, CEC, LCCC., membenarkan pernyataan dari Prof. Nizam tersebut. “Memang perlu kerjasama antar perguruan tinggi dengan penyedia lapangan kerja. Kita tidak bisa sendiri, mari berkolaborasi.” 

Lebih lanjut, Widyarini Utami yang mewakili salah satu sponsor juga menyatakan pentingnya kolaborasi multi-sektor. “Walau di kondisi pandemic covid-19, pendidikan tidak boleh berhenti. Kita harus melakukan pengembangan bersama, apalagi ada kebijakan Kampus Merdeka, kami pihak industri siap berkolaborasi,” kata Talent Acquisition and Employer Branding Head PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. ini. 

Secara terpisah, Kepala Bagian C&CC Untag Surabaya, Rahma Kusumandari, S.Psi., M.Psi., Psikolog., menuturkan jika partisipasi Untag Surabaya pada NVCH 2021 merupakan yang ketiga kali. Dirinya menilai dengan kolaborasi tersebut justru menarik perusahaan karena mampu menjaring lebih banyak pelamar dari perguruan tinggi berbeda. 

“Sebelumnya kami melakukan diskusi dengan perusahaan tentang soft skill seperti apa yang dibutuhkan perusahaan, sehingga pihak kampus bisa melatih dan menyiapkan para mahasiswa,” terang Rahma. 

Dirinya memaparkan, Dalam waktu dekat, C&CC Untag Surabaya akan menandatangani MoU dengan Pesonna Hotel Ampel Surabaya yang membuka kesempatan magang bagi mahasiswa, “Rencananya akan kami sampaikan pada Dekan dan Kaprodi agar bisa menyiapkan para mahasiswa untuk magang," pungkasnya. mbi