Kali Lamong Meluap, Ratusan Rumah di Gresik Terendam Banjir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Nov 2021 16:58 WIB

Kali Lamong Meluap, Ratusan Rumah di Gresik Terendam Banjir

i

Kali Lamong meluap mengakibatkan sejumlah wilayah di Gresik terendam banjir

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Imbas meluapnya Kali Lamong menyebabkan sebelas desa di Kecamatan Balongpanggang dan Benjeng, Gresik terendam banjir. Sebelas desa yang tergenang banjir diantaranya lima Desa Banjaragung, Dapet, Wotansari, Pucung, dan Sekar Putih di Kecamatan Balongpanggang. Sementara enam desa di Kecamatan Benjeng antara lain Desa Lundo, Sedapurklagen, Gluranploso, Deliksumber, Bengkelo Lor, dan Munggugianti.

Camat Balongpanggang, M. Jusuf Ansyori mengatakan hujan deras yang berlangsung pada Kamis (4/11) sekitar pukul 14.00 WIB membuat debit air Kali Lamong meluap.

Baca Juga: JIIPE Peduli Salurkan 2000 Paket Sembako bagi Anak Yatim dan Dhuafa

"Sekitar pukul 22.00 WIB, air mulai menggenangi pemukiman warga. Daerah yang terdampak meliputi Desa Banjar Agung, Desa Dapet, Desa Wotansari, Desa Pucung dan Desa Sekarputih," kata Jusuf, Jumat (5/11).

Ia menyebutkan, luapan air kian meluber ke jalan juga merusakkan beberapa fasilitas umum, area pertanian dan jalan yang ada di wilayah kecamatan Balongpanggang.

"Akibat banjir ini, jalan lingkungan desa dan jalan poros desa mengalami kerusakan. Selain itu area pertanian juga rusak sehingga kemungkinan bisa gagal panen," terang dia.

Dengan kondisi tersebut aktivitas masyarakat menjadi tersendat karena jalur tersebut merupakan jalur satu-satunya di desa tersebut.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Tarso Soegito menuturkan, air yang meluap mulai datang merendam sebelas desa. “Tinggi genangan air yang merendam sebelas desa yang terendam banjir bervariasi mulai dari 10 hingga 80 centimeter,” tuturnya.

Masih menurut Tarso, selain sebelas desa. Imbas meluapnya Kali Lamong itu juga membuat ratusan rumah milik warga tergenang air. Rinciannya, Desa Banjaragung 100 rumah. Kemudian Desa Dapet ada 50 rumah warga. Selanjutnya, Wotansari 175 rumah, Desa Pucung 100 rumah dan Sekar Putih 150 rumah.

Sedangkan enam desa di Kecamatan Benjeng diantaranya Desa Lundo rumah tergenang 85. Kemudian Desa Sedapurklagen 95 rumah. Selanjutnya, Gluranploso nihil, Desa Deliksumber 148 rumah, Desa Bengkelo Lor nihil, dan Desa 215 rumah. “Dampak banjir ini juga menyebabkan puluhan area persawahan, serta jalan poros desa maupun jalan lingkungan juga terendam banjir.

Baca Juga: Korban Gempa di Bawean dan Tuban Terima Bantuan

Terkait dengan banjir ini, pihak BPBD Gresik, Muspika Balongpanggang dan Benjeng tetap siaga memantau perkembangan banjir akibat meluapnya Kali Lamong. 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU