Kampung Tangguh di Semolowaru Siap Laksanakan PPKM Mikro

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Feb 2021 21:21 WIB

Kampung Tangguh di Semolowaru Siap Laksanakan PPKM Mikro

i

Caption: Persiapan posko kampung tangguh dibantu oleh Babinsa Semolowaru dan Koramil Sukolilo . SP/AHMAD REZA

SURABAYA PAGI, Surabaya- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro diberlangsungkan mulai hari ini, Senin (9/2/2021). Sesuai instruksi Presiden Jokowi untuk melanjutkan PPKM Jilid 2 yang berlangsung sejak Januari lalu. PPKM mikro ini adak difokuskan pada penekanan kasus Covid-19 di tingkat RT atau RW melalui Kampung Tangguh.

Yunus, Ketua RW 07 Semolowaru, menjelaskan, memang sudah ada pelaksanaan Kampung Tangguh sudah ada sejak Agustus tahun lalu. Menurutnya pemberlakuan Kampung Tangguh di RW 07 Semolowaru ini terbukti efektif dalam menekan penularan Covid-19.

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

“Sejak ada perintah kami langsung bergerak cepat menyusun tim satgas dan program untuk mencegah penularan dan membantu warga yang terjangkit Covid ataupun terdampak,” ungkap Yunus, Selasa (9/2/2021).

20210209_14333520210209_143335

Yunus mengatakan, suksesnya Kampung Tangguh di wilayahnya tidak lepas dari peran aktif warga untuk bergotong-royong saling membantu. Ia mengungkapkan jika komunikasi antar warga dengan RT RW sangat penting dalam menangani kasus Covid-19 selingkup kampung.

“Semenjak adanya kasus pertama di kampung kami, warga saling peduli untuk memberitahukannya kepada RW dan dari saya nanti langsung disampaikan ke kelurahan juga kecamatan kemudian puskesmas, sehingga penanganan lebih cepat,” ujarnya.

Adanya PPKM mikro ini menurut Yunus termasuk cara yang tepat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkup yang lebih kecil.

“Terkait pelaksanaan PPKM mikro kami tidak kaget lagi, karena memang sudah kami lakukan dari lama. Nantinya apa sebelumnya dilakukan akan diteruskan kembali, selain itu juga mengembangkan program lebih baik lagi,” tutur Yunus.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Hari ini PPKM mikro sudah mulai diberlakukan, terlihat pintu masuk RW 07 tepatnya di Jalan Suko Semolo II, Semolowaru sudah berdiri posko Kampung Tangguh Covid-19. Terlihat anggota Babinsa dan Koramil ikut serta persiapan Kampung Tangguh di RW 07 Semolowaru.

20210209_143516_sdvsfd20210209_143516_sdvsfd

Supriyo, Danramil wilayah Sukolilo, mengatakan pihaknya bersama tiga pilar di Kecamatan Sukolilo ini telah bergerak cepat sesuai Instruksi Presiden untuk melaksanakan PPKM mikro dengan membuat posko Kampung Tangguh di tingkat RT RW.

“Nanti diharapkan dengan adanya PPKM mikro sendiri pemutusan mata rantai penyebaran Covid bisa dilakukan oleh RT atau RW. Serta nantinya akan diatur dan dipimpin masing-masing kelurahan. Paling lambat malam ini akan dimulai adanya penjagaan di posko,” jelas Supriyo, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Lurah Semolowaru, Suwarti, mengungkapkan, pelaksanaan Kampung Tangguh dan Satgas Covid-19 di wilayah RW 07 berjalan sangat baik. Hal tersebut diungkapkan Suwarti mengingat Kampung Tangguh RW 07 Semolowaru ini mendapat juara di tingkat provinsi.

“Dari data yang kami dapatkan juga bulan lalu RW 07 mencatatkan zero case (nol kasus) karena penanganan yang tanggap dari warga juga perangkat kampung,” tuturnya. arb

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU