Kampung Tangguh Semeru di Blitar Direvitalisasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Feb 2021 18:01 WIB

Kampung Tangguh Semeru di Blitar Direvitalisasi

i

Bupati menabuh kentongan yang diikuti Jajaran Forpimda dan Perwakilan Toga dan Tomas menandai peresmian Kampung Tangguh Semeru di Kab Blitar. SP/Les

 

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Menindaklanjuti instruksi Mendagri nomor 3 tahun 2021 tentang PPKM berbasis Mikro, Bupati Blitar Riyanto menggelar Revitalisasi Kampung tangguh Semeru pada Rabu (10/2) yang dipusatkan di balai Kantor Kelurahan Satreyan Kec Kanigoro Kab Blitar dengan diikuti oleh 22 camat dan beberapa perwakilan kades dengan cara virtual. 

Baca Juga: Apes, Curi Mobil Warga Malah Bonyok Dimassa

Dalam kesempatan itu Bupati Blitar Riyanto mengungkapkan bahwa  sebelumnya Kabupaten Blitar juga menerapkan PPKM jilid I pada 11 Januari sampai 8 Februari 2021 dan kini PPKM jilid dua yang dimulai pada 9 Februari sampai 21 Februari dengan PPKM Mikro.

"Untuk tahapan PPKM Mikro kedua ini Pemerintah Kabupaten Blitar akan menerapkan Kampung tangguh di 248 desa dan kelurahan, sehingga harus bekerja dengan waktu, dan Kampung tangguh Semeru di desa atau kelurahan akan melibatkan semua komponen dari kepala desa/kelurahan juga melibatkan Toga/Tomas dan seluruh komponen masyarakat dari tingkat RT/RW, PKK, pemuda," terang Riyanto dalam sambutanya.

Perlu diketahui Kab Blitar termasuk Zona Merah untuk itu Kampung Tangguh diadakan di 22 Kecamatan dengan 248 Desa/Kelurahan.

Baca Juga: Puluhan Sopir Angkot dan Bus di Terminal Kesamben Dites Urine

Riyanto juga menambahkan bahwa Kampung Tangguh Semeru yang mulai Rabu (10/2), selain guna penanggulangan covid-19 juga mengantisipasi dini tentang demam berdarah dan penyakit lainnya yang berbahaya, termasuk penanggulangan bencana.

"Untuk kelanjutan PPKM Mikro ini nantinya lihat perkembangan kan sudah dijelaskan waktunya PPKM Mikro di mulai tanggal 9 sampai 21 Februari mendatang,” papar Bupati Riyanto pada wartawan.

Sementara itu Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela SH S.IK MH membeberkan tentang Permendagri nomor 3 tahun 2021 PPKM Mikro nantinya kampung tangguh itu akan membawahi 4 bidang program terdiri dari Pencegahan, Penanganan, Sosialisasi serta Bantuan Pengamanan.

Baca Juga: Polres Blitar Ungkap 3 Kasus Street Crime, dengan 9 Tersangka

"Jadi respon PPKM Mikro itu ada 3T, yaitu Testing, Tracing dan Treatment, semua ini mencegah penyebaran pandemi yang masih tinggi, untuk itulah sistem ini perlu dioptimalkan termasuk antisipasi bencana yang lain," tandas AKBP Leonard  pada sejumlah wartawan.

Mengakhiri revitalisasi  Kampung Tangguh Semeru yang di hadiri Forkopimda dan Kajari Blitar, Komandan Kodim 0808 Blitar, kepala BPBD Kab Blitar serta beberapa Kepala OPD Pemkab Blitar ini, Bupati memukul gong dan menabuh kentongan yang diikuti Jajaran Forpimda dan Perwakilan Toga dan Tomas menandai peresmian Kampung Tangguh Semeru di Kab Blitar. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU