Kandang Ayam Terbakar Diduga Korsleting Listrik

Petugas pemadam saat tiba di lokasi kebakaran. SP/Nyot

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Sebuah kandang ayam di Dusun Krajan Wetan, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Wuluhan terbakar sekitar pukul 01.25 WIB, Selasa (23/2/2021) dini hari. Menurut laporan warga setempat, kobaran api dari kebakaran itu cepat membesar namun jauh dari pemukiman warga.

Namun dalam musibah tersebut, diketahui pemilik kandang ayam tidak membukakan pintu masuk ke lokasi kandang. Sehingga Petugas Damkar Tim B Posko Ambulu balik kanan dan tidak melakukan tugas pemadaman.

"Kami tadi sampai di lokasi (kebakaran), tapi oleh pemilik kandang tidak dibukakan pintunya. Sehingga terpaksa kita balik kanan (pulang ke mako) dan tidak melakukan pemadaman api," kata Danru Tim B Posko Ambulu Subhan Winardi saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Menurut pria yang akrab dipanggil Win ini, pemilik kandang ayam adalah orang keturunan Tiongkok. 

"Warga setempat memanggilnya Pung On. Nama Jawanya saya tidak tahu. Laporan kebakaran itu juga dari warga, dan karena api membesar makanya memanggil kami (damkar Posko Ambulu)," katanya.

"Tapi saat sampai lokasi, beberapa kali dipanggil pemilik kandang tidak membukakan pintu masuknya yang lewat gerbang itu," sambungnya.

Win menambahkan, terkait lokasi kandang ayam yang terbakar berada satu komplek dengan rumah pemilik. 

"Juga disekelilingnya di tembok tinggi. Jadi potensi kebakaran menyebar ke pemukiman warga lainnya, tidak akan terjadi. Kami menduga kebakaran itu terjadi karena sengaja dibakar pemilik. Tapi itu hanya dugaan saja, karena kita tidak bisa masuk ke lokasi melakukan pemadaman untuk mengetahui langsung," ulasnya.

Karena tidak dibukakan pintu, petugas damkar berkoordinasi dengan anggota Polsek Wuluhan sepakat untuk pulang ke mako masing-masing.

"Kita terpaksa tidak menjalankan tugas pemadaman, dan tadi pun dengan anggota polsek juga sepakat balik kanan. Untuk data konkret terkait info kebakaran tidak bisa kita dapatkan, penyebabnya apa, bahkan juga ukuran kandang ayam yang terbakar kita juga tidak tahu," pungkasnya. nyot