Kantor Dinas Koperasi Sidoarjo Dipenuhi Pemohon BLT UKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 22 Apr 2021 18:55 WIB

Kantor Dinas Koperasi Sidoarjo Dipenuhi Pemohon BLT UKM

i

Sejumlah warga tampak mengantre di kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo.

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Ratusan warga Sidoarjo mendatangi kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo di jalan Jaksa Agung Suprapto Sidoarjo, Kamis (22/4). Saking banyaknya, beberapa warga bahkan harus mengantre di luar kantor.

Meskipun menggunakan masker, para warga tampak berdesakkan tak menjaga jarak.

Baca Juga: Proyek Miliaran Tak Transparan, Anggaran Desa Penambangan Diduga Diselewengkan

Adapun tujuan para warga mendatangi kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro yakni untuk menyerahkan dokumen permohonan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM.

“Kami datang ke sini untuk verifikasi dokumen di dalam mas,” ucap salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya sambil membawa dokumen.

Sementara pantauan di dalam kantor untuk verifikasi dokumen terlihat lenggang. Petugas yang menjaga pintu masuk loket verifikasi harus mengecek suhu badan pengunjung hingga menahan warga untuk masuk bergantian.

“Ini agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan saat berada di dalam (loket pelayanan),” ucap Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo M Edi Kurniadi.

Baca Juga: Kades dan Pimpinan DPRD Sidoarjo Disomasi Pembeli Tanah

Edi menjelaskan bahwa penyerahan dokumen sebenarnya bisa dilakukan melalui desa. Namun, ia tidak bisa melarang bagi masyarakat yang datang ke kantornya untuk menyerahkan dokumen yang akan diverifikasi.

“Kami tidak bisa membendung warga yang ingin menyerahkan langsung dokumen ke kantor,” akunya.

Selain itu, pihak dinas juga tidak bisa membatasi pengajuan bantuan modal yang saat ini cair sebesar Rp 1,2 juta itu.

Baca Juga: Cegah Inflasi di Surabaya , BLT Rencana Dicairkan untuk Keluarga Miskin

“Kami tidak bisa membatasi warga yang mengajukan, kasihan mereka. Terpenting mereka memenuhi syarat dalam mengajukan bantuan ini,” ucap Edi.

Sementara sejak dibuka pada Kamis (15/4/2021) hingga saat ini warga yang telah mendaftar mendapatkan bantuan sebanyak 27.078. Namun dari jumlah tersebut yang sudah terverifikasi masih 5.000 berkas.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU