Kapal Hidrolik China, Satu-Satunya di Dunia yang Capai Pelabuhan Simao

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 07 Mei 2021 15:02 WIB

Kapal Hidrolik China, Satu-Satunya di Dunia yang Capai Pelabuhan Simao

i

Gambar animasi tentang cara pengoperasian lift kapal. SP/ CH

SURABAYAPAGI.com, China - Lift kapal hidrolik di Stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Air Jinghong, China adalah keajaiban teknik yang memungkinkan perahu melakukan perjalanan ke hulu dan hilir dalam beberapa menit. China berbagi jalur air utama dengan tetangganya di Asia Tenggara - Sungai Lancang, yang menjadi Sungai Mekong, mengalir melalui Laos, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Tujuan utama Jinghong adalah untuk menghasilkan tenaga air dan menyediakan layanan pengangkatan kapal untuk kapal-kapal di sungai. Ini adalah yang pertama di dunia yang dirancang oleh para insinyur China dan juga telah diberikan paten di AS.

Baca Juga: PDB China Melonjak 12,7 Persen Pasca Pandemi Covid-19

Lift kapal yang ada terbagi dalam dua kategori: listrik atau hidrolik. Masing-masing hadir dengan pro dan kontra. Pembangkit listrik tenaga air akan memilih apa yang akan digunakan tergantung pada ukuran kanal dan volume lalu lintas. Sistem hidrolik dipilih untuk Jinghong karena kesederhanaan, biaya rendah dan aksesibilitas suku cadang.

Huang Qun, direktur Departemen Teknik stasiun, adalah perancang lift kapal. "Struktur kami relatif sederhana. Prinsip operasinya langsung. Peralatan dan komponen yang dimuat mudah ditemukan. Tidak memerlukan banyak aksesori seperti mesin tenaga dan deselerator. Tidak memerlukan sistem tenaga," kata Huang, Jumat (7/5/2021).

Ketika kapal perlu pergi ke hilir atau ke atas, lift kapal hidrolik menyesuaikan perbedaannya dengan menggunakan volume air. Lebih spesifiknya, menggunakan perbedaan ketinggian air antara hulu dan hilir untuk mengisi dan membuang air ke poros, sehingga mengubah balancing weight dan buoyancy untuk menggerakkan kabin naik turun.

Baca Juga: Pendapatan Fiskal China Naik 20 Persen di Periode 7 Bulan

Berbicara tentang perkembangan masa depan, Huang mengatakan itu untuk memperluas kemampuan menangani kapal yang lebih berat dengan keterbatasan saat ini, menambahkan "Itu salah satu aspeknya. Yang lainnya adalah meningkatkan ketinggian di mana lift dapat dinaikkan dan tantangan baru dari hidrodinamika"

Layanan lift tidak dipungut biaya karena stasiun adalah titik kunci untuk mencapai Pelabuhan Simao. Struktur tersebut digunakan 245 kali sejak dioperasikan.

Liang Guofeng, pemantau Departemen Reservoir di stasiun, bertanggung jawab mengatur jadwal lift. Menurut penjelasannya, setelah menerima permintaan dari perusahaan dan organisasi, petugas yang bertugas akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kapal tersebut dan memberikan izin jika ini baru pertama kali. Izin tersebut dapat diterapkan untuk penggunaan di masa mendatang.

Baca Juga: Pasar Cina Dorong Kepercayaan Perusahaan Multinasional Eropa

“Kami memiliki kemampuan untuk menangani perjalanan kapal domestik dan internasional. Selama ini kami hanya menerima permintaan dari kapal dalam negeri,” kata Liang.

Tahun ini menandai ulang tahun kelima Kerja Sama Sumber Daya Air Lancang-Mekong. Tim berharap lift kapal dapat menyediakan jalur pengiriman yang aman dan nyaman untuk kapal domestik dan luar negeri serta berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi kawasan. Dsy4

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU