Kapal Kargo Fajar Nusantara Tenggelam di Sapudi, Nahkoda dan Kru Selamat

14 kru Kapal Fajar Nusantara yang berhasil selamat. (Foto: Dok Basarnas)

SURABAYAPAGI.com, Sumenep - Sebuah kapal yakni Fajar Nusantara, dilaporkan tenggelam di Perairan Kalowang, Pulau Sepudi, Kabupaten Sumenep.

“Kami menerima informasi dari Kepala Pos SAR Basarnas Kalianget, bahwa berdasarkan laporan petugas stasiun radio pantai, ada kapal tenggelam di perairan Sepudi,” kata Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Rabu (22/06/2022).

Sampai Rabu siang ini, kapal kargo umum Fajar Nusantara tenggelam yang tenggelam di perairan Kaloang, Sapudi, Sumenep masih dievakuasi. 

Sebuah Kapal nelayan menemukan 14 awak kapal yang selamat. Mereka dievakuasi ke pelabuhan terdekat.

Kapal Fajar Nusantara ini merupakan kapal kargo umum yang memuat barang-barang campuran menuju Balikpapan. Kapal ini bertolak dari Tanjung Perak Surabaya, 19 Juni lalu.

Kapal kargo umum GT 445 ini milik PT Satya Permai dengan nahkoda Satria Kukuh Pratama. Kapal ini berangkat dari Tanjung Perak Selasa malam kemarin sekitar pukul 21.14 WIB.
Kabarnya kapal ini batal melintasi Laut Jawa karena cuaca. Akhirnya kapal harus berputar arah dan berlindung disekitar pulau Sapudi. Disitulah kapal tenggelam.

Sampai kini 14 kru kapal telah ditemukan oleh Kapal Nelayan Prabu Sakti milik Munadi. Kru dibawa ke pelabuhan terdekat dalam keadaan selamat. Hari ini kapal sudah bersandar bersama 14 kru Kapal Fajar Nusantara di Dermaga Pelabuhan Panarukan, Situbondo. (sum/rm)