Kapal MV Golden Century India Tiba di Tanjung Perak Sudah Disetujui

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Jun 2021 15:47 WIB

Kapal MV Golden Century India Tiba di Tanjung Perak Sudah Disetujui

i

Kapal MV Golden Century saat bersandar di terminal Jamrud Utara. SP/ Humas Pelindo III

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kapal MV Golden Century yang berangkat dari Pelabuhan Visakhapatnam India telah sandar di dermaga terminal Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak sejak Sabtu (29/5/2021) lalu.

Rencananya kapal yang berisikan 19 awak berkebangsaan Vietnam dan bermuatan besi baja mentah (Steel Billet) akan menunggalkan Pelabuhan Tanjung Perak pada Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Laut (Lala) Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Nanang Afandi, menjelaskan, selama kapal bersandar di terminal Jamrud Utara, pihaknya memantau pergerakan para kru kapal.

"Awak kapal sudah kami himbau untuk tetap berkegiatan di atas kapal dan menggunakan alat pelindung diri (APD) level 3 serta tetap menaati protokol kesehatan sekaligus mensterilisasi seluruh permukaan kapal," kata Nanang Afandi kepada Surabaya Pagi, Selasa (1/6/2021). 

Ia mengaku, kedatangan kapal MV Golden Century dari India sebelumnya sempat tidak disetujui. Hal ini tak lepas dari lonjakan covid-19 di India serta ditemukannya mutasi varian baru di negara dengan jukukan Hindustan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

"Namun karena persyaratan mencukupi dan awak kapal bersedia memenuhi persyaratan protokol kesehatan dan melaksanakan karantina selama 14 hari, maka kami mengizinkan," terang Nanang.

Tidak hanya itu, pelaksanaan kegiatan bongkar muat kata Nanang, juga diharuskan menaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan sarung tangan sekali pakai. Proses bersandarnya kapal pun dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

"Jadi sudah dapat persetujuan, sehingga kapal yang mempunyai riwayat datang dari India tersebut dapat bersandar di terminal Jamrud Utara. Karena sudah dikoordinasikan dengan semua lembaga kepelabuhanan termasuk satgas Covid-19," pungkasnya. Sem

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU