Kapolres Lumajang Dampingi Risma, Datangi Lumajang Terkait Dugaan Penyelewengan Dana Bansos

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 30 Agu 2021 12:19 WIB

Kapolres Lumajang Dampingi  Risma,  Datangi Lumajang Terkait Dugaan Penyelewengan Dana Bansos

i

Kapolres Lumajang dampingi Risma, datangi Lumajang terkait dugaan penyelewengan dana bansos di Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang di Kantor Balai Desa Sawaran Kulon. Sabtu (28/8/2021).SP/LIM

 

SURABAYAPGI, Lumajang - Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. mendampingi kegiatan Menteri Sosial RI Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M. T, dalam rangka menanggapi aduan Masyarakat terkait Bantuan Sosial ( PKH, BPNT/BSP dan Bansos Lain ) di Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang di Kantor Balai Desa Sawaran Kulon. Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Pilu! Disabilitas Asal Lumajang Jadi Korban Rudapaksa Orang Tak Dikenal hingga Hamil dan Melahirkan

Selain dihadiri Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. Pada kesempatan itu juga hadir Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M.ML., Komandan Kodim 0821.

Letkol Inf. Andi Ariyanto Wibowo, S.Sos., M.I.Pol., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat DRS. Basuni, dan pejabat lainnya yang langsung bertatap muka dengan Kepala Desa dan Perwakilan Warga Desa Sawaran Kulon Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang.

Menanggapi terkait aduan Masyarakat terkait Bantuan Sosial yaitu PKH, BPNT/BSP dan Bansos Lain, pemerintah dalam hal ini  bersama-sama, jika dilihat ada dua permasalahan yaitu masalah administrasi dan dugaan pidana, maka kita akan periksa data-data administrasi terkait bansos tersebut, jika ada kesalahan yang sistematis maka kita akan proses kode etik” ungkap Ir. Tri Rismaharini, M. T,.

Baca Juga: Pilkada Lumajang 2024, Elektabilitas Cak Thoriq Tak Terkejar

Ketika ditanya dugaan pidana terkait Bansos tersebut Menteri Sosial RI Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M. T tidak berani menyimpulkan karena menurutnya ini murni wilayah hukum yang memerlukan proses penyelidikan.

“Tentang masalah dugaan tindak pidana saya belum berani menyimpulkan karena menurut saya ini belum sampai wilayah yang menginjak peran hukum, namun jika nanti telah dilaksanakan penyelidikan oleh pihak Polres maka hasilnya akan disampaikan” imbuhnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Ratusan Warga Sumokembangsri Terima Bansos Beras

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M.ML. ikut merespon permasalahan ini dengan memerintahkan Camat, Kepala Desa dan pendamping PKH untuk memampang seluruh data di seluruh balai desa di Kabupaten Lumajang yaitu data Bantuan Sosial PKH, BPNT/BSP dan Bansos Lainnya, termasuk daftar penerima bansos lengkap dengan nilai nominal yang akan diterima sehingga transparansi dapat terwujud.

“Saya selaku Bupati Lumajang memerintahkan kepada Camat, Kepala desa dan pendamping PKH untuk memasang dan memampang seluruh data serta memfasilitasi terkait bantuan sosial agar semua terbuka dan transparan, dan saya memohon kepada bapak Kapolres Lumajang bahwa semua harus diproses sesuai mekanisme yang ada dan jika ada yang salah maka harus bertanggungjawab” ungkap Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M.ML. (Lim)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU