Kapolres Lumajang Tabur Benih Ikan di Sendang Arya Wiraraja

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 10 Des 2020 18:02 WIB

Kapolres Lumajang Tabur Benih Ikan di Sendang Arya Wiraraja

i

Kapolres Lumajang saat tebas benih ikan. SP/Lim

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Kegiatan di area Sendang Arya Wiraraja mewujudkan program desa wisata di  desa Wonorejo, kecamatan Kedungjajang kab Lumajang. memprioritaskan area Sendang Arya Wiraraja sebagai wisata unggulan untuk menarik wisatawan. 

Dalam hal ini, kapolres Lumajang tebar sepuluh ribu benih ikan di Sendang Arya Wiraraja dan penanaman pohon di area tersebut, Rabu (09/12/2020).

Baca Juga: Pemkab Lumajang Pastikan Harga Bapok Terjangkau

Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa SH SIK MIK memimpin langsung kegiatan penaburan Sepuluh Ribu benih ikan dan penanaman pohon di area wisata Arya Wiraraja desa Wonorejo, kecamatan Kedungjajang, kabupaten Lumajang.

 Didampingi Wakapolres, Kabag Ops, Kabag Ren, Kasat Intelkam, Kapolsek Kedungjajang, Jajaran Forkopimcam Kedungjajang, Jajaran pemerintah desa Wonorejo dan anggota Hercules Guard Lumajang.

Hadir saat itu, Waka ADM KSKPH Lumajang Marhaendro Bagyo Sungkowo didampingi Asisten Perhutani Klakah Sugiarto Aries Soebagio berikut anggota. Dikatakan kapolres Lumajang, bahwa penaburan benih ikan itu dilakukan dalam rangka mendukung situasi dan kondisi yang selama ini mayoritas menurun di tengah masa pandemi.

“Jadi kita memberikan stimulan dan motivasi masyarakat di sekitar sendang Arya Wiraraja agar kedepan lebih semangat dibandingkan hari-hari sebelumnya. 

Inovatif terlebih menjadikan wilayah ini menjadi area wisata”, ujar Deddy.

Benih ikan yang ditebar dalam kegiatan itu berjenis ikan mujair. Deddy berharap, keberadaannya dapat mendukung perekonomian yang ada di desa.

Baca Juga: Hewan Ternak di Lumajang Divaksin LSD

Pasca menabur benih ikan, kapolres beralih ke lokasi lahan. Bersama-sama dengan yang lainnya melakukan penanaman pohon secara simbolis.

Pohon durian, kebetulan saat itu menjadi salah satu bibit pohon yang ditanam kapolres. Tak lama kemudian, sejumlah pihak yang hadir berikut masyarakat bersepakat memberikan nama pohon Durian Mille.

“Ini Durian Bawor yang cukup istimewa. Besarnya seperti durian montong. Diharapkan bisa tumbuh dan berkembang menjadi bibit yang baik. Dan tadi sesuai kesepakatan diberi nama durian mille ya mille yang bagus”, ungkap Deddy.

Disisi lain, Waka ADM KSKPH Lumajang Marhaendro Bagyo Sungkowo menambahkan, bahwa dalam kegiatan penanaman seperti halnya yang dilakukan saat itu, cenderung memilih tanaman yang bermanfaat sehingga menunjang perekonomian masyarakat dan berdampak pada meningkatnya serapan mata air.

Baca Juga: Cegah Banjir, Sungai Cangkring di Lumajang Dinormalisasi

“Ini untuk pengelolaannya, akan melibatkan desa (LMDH) diatur dengan mekanisme yang ada. Untuk perawatan dan penjagaan agar tanaman itu bisa tumbuh, menerapkan pola keseimbangan antara Perhutani dengan masyarakat (LMDH). Dijaga secara bersama-sama”, jelas Marhaendro.

Diwaktu yang sama, Bahrul kepala desa Wonorejo menambahkan, bahwa dengan adanya kegiatan ini akan mendorong perkembangan khususnya Lumajang.

“Wonorejo ini hanya menjunjung, agar Lumajang ini bisa lebih terkenal. Dan atas benih ikan yang ditebar saat ini, itu tidak boleh di pancing. Nanti ada waktunya tersendiri”, terang Bahrul.

Sendang Wiraraja ini digagas akan dijadikan sebuah obyek wisata alam dengan panorama air. Mengingat akses jalannya mudah, dan tidak jauh dari jalan nasional penghubung Lumajang – Jember. Lim

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU