Karnaval Kota Mojokerto Sedot Perhatian Warga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Agu 2022 16:04 WIB

Karnaval Kota Mojokerto Sedot Perhatian Warga

i

Ribuan Masyarakat memadati sepanjang Jalan Raya Surodinawan, Tri Buana Tungga Dewi, Brawijaya, dan Hayam Wuruk untuk menyaksikan Karnaval Kemerdekaan, Sabtu (20/8).

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Ribuan Masyarakat memadati sepanjang Jalan Raya Surodinawan, Tri Buana Tungga Dewi, Brawijaya, dan Hayam Wuruk untuk menyaksikan Karnaval Kemerdekaan, Sabtu (20/8). Karnaval kali ini digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Tingginya antusiasme masyarakat tersebut di antaranya berdasarkan kesaksian Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari ketika perjalanan dari Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk menuju lokasi pemberangkatan karnaval, Jalan Surodinawan.

Baca Juga: Sosialisasi PPDB Online 2024, Pj Wali Kota Mojokerto Minta Jangan Ada Sekat Geografis dan Minimalisir Persoalan Klasik

"Alhamdulillah, siang hari ini saya melihat kemeriahan sejak saya berangkat tadi, dari jalan Hayam Wuruk, di pinggir kali Brantas sampai kesini, antusiasme warga Kota Mojokerto dan sekitarnya luar biasa," ujarnya wali kota ketika memberangkatkan peserta karnaval di depan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto, Jalan Surodinawan.

Afif (21) salah satu masyarakat yang hadir menyaksikan Karnaval Kemerdekaan, juga menuturkan hal yang sama. Ia sangat tertarik dan senang menyaksikan karnaval Kemerdekaan ini. "Karena sudah hampir dua tahun tidak diadakan di Kota Mojokerto, dan hari ini diadakan kembali," ungkapnya.

Warga Mengelo, Kecamatan Sooko ini juga menuturkan harapannya, agar acara semacam ini terus ada kedepannya."Semoga acara karnaval ini bisa diadakan kembali tahun depan, dan lebih meriah dari tahun ini," pungkasnya.

Baca Juga: Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

Antusiasme tidak hanya dari penonton, melainkan juga tentu didapati pada warga Kota Mojokerto serta sejumlah kelompok masyarakat umum yang ikut langsung sebagai peserta.Terbukti, ada ratusan kelompok berpartisipasi sebagai peserta. Yaitu sebanyak 102 kelompok, yang terbagi menjadi 24 kelompok penyaji sepeda hias, 20 tim gerak jalan, dan 58 instansi penyaji pawai pembangunan atau mobil hias.

Salah satu pendamping peserta Karnaval menuturkan salah satu alasan tingginya antusiasme mengikuti gelaran yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini.

Baca Juga: Kawal Hak Pekerja, Pemkot Mojokerto Buka Posko Pengaduan THR

"Anak-anak antusias sekali karena kan vakum 2 tahun (pandemi Covid-19), dengan adanya gerak jalan dan pawai ini jadi semangat untuk ikut berpartisipasi," ungkap Hendar Mulyono, selaku pembina gerak jalan dari SDN Wates 6. 

Para peserta karnaval saling berlomba untuk menunjukkan kreativitasnya masing-masing. Tema yang diangkat kali ini seputar Kemerdekaan dan Budaya Majapahit. Warna-warni dan beragam rupa dekorasi ditampilkan oleh para peserta untuk mengikat hati para juri dan penonton. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU