KASAL dan KASAU Harap Jenderal Andika, lebih Solidkan TNI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 17 Nov 2021 20:00 WIB

KASAL dan KASAU Harap Jenderal Andika, lebih Solidkan TNI

i

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (kiri) dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman berfoto usai pelantikan yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Kapolri juga Ingin Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri Semakin Kuat

 

Baca Juga: Rabu ini, Prabowo Bintang Empat

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kasal dan Kasau Dukung Penuh kepemimpinan Jenderal Andika Perkasa, menjadi Panglima TNI. Keduanya, Berharap TNI lebih solid dan jaya dalam kepemimpinan menantu mantan Ketua BIN Jenderal (Purn) Hendropriyono.

Demikian pernyataan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, usai menghadiri acara pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, (17/11/2021).

“Semoga TNI semakin jaya dan sukses. Saya sampaikan Angkatan Laut mendukung penuh Panglima TNI yang baru. Semoga TNI ke depan lebih solid dan lebih jaya lagi," harap Yudo.

Demikian juga Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo turut mengucapkan selamat. "Saya mengucapkan selamat kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. TNI AU siap mendukung tugas-tugas panglima," ujar Kasau.

 

Harapan Kapolri

Sementara Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berharap, dengan dilantiknya Jenderal Andika sebagai Panglima, kedepannya sinergitas dan soliditas TNI-Polri akan semakin kuat dalam menghadapi berbagai macam ancaman dan tantangan yang dihadapi oleh Indonesia.

"Semoga soliditas dan sinergitas TNI-Polri semakin kuat dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman yang akan mengaggu stabilitas bangsa dan negara sebagai modal utama dalam proses pembangunan nasional," ujar eks Kabareskrim Polri tersebut.

 

Jenderal Andika Semringah

Sementara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, bertekad melanjutkan apa-apa yang telah dikerjakan Marsekal Hadi Tjahjanto. Dia berjanji akan bekerja dengan baik.

"Program kerja kita akan melanjutkan secara umum, karena memang kita sudah dibatasi ruang. Ruang di mana tugas-tugas kita juga sudah dicantumkan di Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004. Jadi saya akan terus, tetapi memang detilnya saja dari tiap-tiap tugas yang perlu sedikit evaluasi dan perbaikan sana-sini," kata Andika dalam jumpa pers singkat usai dilantik di Istana Negara, Rabu (17/11).

Saat jumpa pers, Andika tampak semringah. Dia didampingi istrinya, Diah Erwiany, yang tampil cantik mengenakan kebaya.

Andika mengakui ada pesan dari Presiden Jokowi untuknya dan keluarga. Tetapi, mantan Kasad itu enggan berbicara lebih jauh isi pesan Jokowi. Sebab terpenting, katanya, dia siap bekerja dengan sebaik-baiknya.

"Tapi intinya saya akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Baca Juga: Kodim 0819 Pasuruan Gelar TMMD Ke 119 Tahun 2024

Andika menambahkan, menjadi seorang Panglima TNI adalah kehormatan besar bagi dirinya dan keluarga. Dia berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Presiden Jokowi

"Ini suatu kehormatan besar bagi saya dan keluarga," jelas Andika.

Sebagai Panglima TNI baru, Andika mengajak semua prajurit agar bekerja bersama-sama untuk Indonesia.

"Saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri, dari kita semua di tengah keluarga, teman maupun sanak saudara kita semua karena kita bagian dari mereka," tutup Andika.

 

Latih Terus Kemampuan Kalian

Panglima TNI lama, Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan pesan haru di akun sosial media Instagram miliknya. Pesannya ditujukan kepada 800 ribu prajuritnya di seluruh wilayah Indonesia. Utamanya yang masih berusia muda.

“Terima kasih kepada para prajuritku yang selama ini dengan tulus dan ikhlas telah memberikan pengabdian terbaiknya untuk NKRI. Latih terus kemampuan kalian tanpa lelah, tanpa mengeluh, dan tanpa mengharap,” kata Marsekal Hadi dikutip , Rabu (17/11/2021).

“Pengabdianmu akan diingat selamanya. Prajuritku dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Rote hingga Miangas, tidak ada kalimat menyerah untuk NKRI. Lakukan tugasmu hingga akhir hayat,” sambung alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) lulusan 1986 ini.

Baca Juga: Realisasikan Program Prioritas Desa Berjaya, Bersama TMMD ke 119

 

Prabowo Geser BAP

Dalam pelantikan ini, ada hal unik yaitu Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto terlihat melakukan beberapa komunikasi singkat dengan presiden Jokowi.

Ini terjadi saat penandatangan Berita Acara Pelantikan atau BAP Panglima TNI. Dalam BAP ini ada empat yang mesti bertanda tangan.

Mereka yakni Presiden, Panglima TNI, dan dua saksi yaitu Menteri Pertahanan dan Menteri Koordinator Pulhukam.

Prabowo Subianto menyodorkan berita acara pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pasca Menkopolhukam Mahfud MD menandatangani sebagai saksi.

Saat itu, Prabowo, yang menjadi saksi ketiga. sangat pelan menggeser Berita Acara ini.

Prabowo juga memperbaiki tata letak dokumen itu sehingga pas kepada Jokowi. n jk, erc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU