Kasus Covid-19 di Surabaya Menyentuh Angka 'Nol'

Serah terima jabatan yang dilakukan oleh Whisnu Sakti dan Hendro Gunawan. SP/ Mbi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Siang ini, Rabu (17/02/2021), Walikota Surabaya definitif melakukan Serah Terima Jabatan kepada Plh Walikota Surabaya. Yakni Whisnu Sakti Buana (WSB) resmi diberhentikan dengan hormat dan Sekda Pemkot Surabaya, Hendro Gunawan menjadi Plh Walikota Surabaya.

Acara yang berlangsung di Gedung Balai Kota Surabaya ini berjalan dengan lancar dan kondusif. Di awali dengan pembukaan, menyuarakan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa lalu penandatanganan berita acara serah terima jabatan yang dilakukan oleh Whisnu Sakti dan Hendro Gunawan.

Setelah simbolis itu dilakukan, Whisnu atas nama pribadi, dan mewakili Tri Rismaharini yang sudah menjabat sebagai Menteri Sosial, menyampaikan, bahwa dirinya mengucap banyak terima kasih pada seluruh jajaran Pemerintahan Kota Surabaya.

"Saya secara pribadi, bersama dengan Bu Risma mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran forkopimda, dan seluruh kepala OPD, seluruh ASN dan non ASN di jajaran Pemerintah Kota Surabaya," ujar pria kelahiran 1974 itu, Rabu (17/2/2021).

Selama masa jabatan, Whisnu merasa bangga dengan jajaran Pemkot dan masyarakat Surabaya yang sudah bahu-membahu dan bekerja keras luar biasa untuk Kota Pahlawan ini. Whisnu ingin, Pemkot Surabaya tetap mempertahankan, bahkan meningkatkan kinerja baiknya itu.

"Saya berharap, ini bisa terus kita pertahankan. Memberikan Dharma Bakti kita kepada rakyat Surabaya, dan memberikan yang terbaik pada Kota Surabaya," tambah Jebolan Institut Teknologi Sepuluh Nopember itu.

Selanjutnya, dirinya mengatakan jika ada hal yang membuatnya bahagia di akhir masa jabatannya selama 5 tahun ini. "Satu hal yang paling menggembirakan kemarin, kalau masa jabatan saya berakhir pada 16 Februari, itu tepat yang membuat saya senang, hadiahnya itu, saya di WhatsApp pak Fixer, bahwa kasus covid kemarin di Kota Surabaya 'nol'. Sebuah prestasi kita semua yang luar biasa," terangnya pada hadirin yang mengikuti acara tersebut.

Pria yang sudah menjabat sebagai Walikota Surabaya pada tanggal 11 hingga 17 Februari itu optimis jika Pemkot Surabaya dapat mempertahankan prestasi tersebut. "Kita berharap, ini juga bisa kita pertahankan terus. Sehingga Surabaya bisa masuk ke Zona Kuning dan bisa Zona Hijau. Dan kita semua berdoa, agar pandemi covid-19 ini bisa berangkat dari Surabaya, dari Bumi Indonesia yang kita cintai. Aamiin," paparnya.

Terhitung hampir dua bulan terakhir, sejak dirinya diangkat menjadi Plt Walikota Surabaya pada 24 Desember 2021, Whisnu memberikan apresiasi pada semua jajaran Pemerintahan Kota Surabaya, jajaran Forkopimda karena telah menunjukkan kerjasama yang luar biasa.

Dirinya menambahkan, "Dengan saya menjadi Plt Walikota Surabaya, kita tunjukkan kerjasama yang luar biasa dalam membangun Kota Surabaya, dalam mengatasi segala permasalahan di Kota Surabaya. Dan kita sedang berusaha memberikan yang terbaik pada warga Surabaya," imbuhnya.

Pria kelahiran Surabaya itu bersyukur, karena masa jabatannya dengan Tri Tismaharini berjalan baik. "Alhamdulillah, masa jabatan selama 5 tahun ini bisa kami lalui bersama Bu Risma dengan baik," kata Whisnu.

Di akhir kata, WSB berharap, "Dan semoga tata kelola Pemerintahan Kota Surabaya ini terus bisa dipertahankan, dan bisa semakin baik lagi kedepan, dan semakin bisa dirasakan oleh seluruh warga Surabaya," tutupnya. mbi