Kasus Covid-19 di Surabaya Mulai Menurun, RSLI Nol Pasien

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 04 Okt 2021 17:09 WIB

Kasus Covid-19 di Surabaya Mulai Menurun, RSLI Nol Pasien

i

Kondisi ruangan isolasi pasien covid-19 RSLI yang telah kosong. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Selama sebulan terakhir, angka penambahan kasus Covid-19 di Surabaya mulai mengalami penurunan. Hal ini juga diikuti dengan menurunnya level PPKM Surabaya hingga level 1.

Data dari laman Lawan Covid-19 Surabaya, menunjukan, hingga hari ini jumlah pasien covid-19 yang masih dirawat hanya sebanyak 102 orang. Hal ini tentu berbeda dengan bulan Juli lalu, yang akhirnya berdampak pada tingkat keterisian tempat tidur (BOR) rumah sakit hingga mencapai 100 persen.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

Dari data yang dikumpulkan Surabaya Pagi, rerata pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit, memasuki bulan Oktober cenderung menurun. Bahkan rumah sakit seperti RS Lapangan Indrapura (RSLI) hingga saat ini kosong dengan pasien.

"Saat ini zero (nol) pasien," kata Ketua relawan pendamping Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 Rumah Sakit Lapangan Indrapura (PPKPC-RSLI) Radian Jadid kepada Surabaya Pagi, Senin (04/10/2021).

Secara akumulasi, jumlah pasien yang telah menjalani perawatan di RSLI selama lebih dari 1,5 tahun adalah 10.560 pasien. Dari jumlah tersebut, pasien yang berhasil disembuhkan sebanyak 10.076 orang. Sementara 402 pasien dirujuk, 83 pasien isoman dan 4 pasien lainnya meninggal.

Atas keberhasilan RSLI yang mampu menekan pasien hingga angka nol, Jadid mengaku, pihaknya diundang untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Selasa (05/10/2021) besok.

Baca Juga: SK Kwarda Jatim Terbit, Semangat Baru Bagi Pramuka Jawa Timur

"Besok RSLI teleconference dengan RI 1, diapresiasi perannya dalam menanggulangi covid-19," akunya.

Selain RSLI, RS PHC Surabaya juga mengalami penurunan pasien yang cukup signifikan. Pjs. Public Relation & Subsidiary Management PT Pelindo Husada Citra (PHC) Irvan Prayogo menyebutkan, selama bulan Agustus 2021, BOR pasien covid-19 di RS PHC berada di angka 62 persen. Jumlah ini kemudian turun pada bulan September 2021 hingga mencapai 3 persen.

Hingga saat ini, RS PHC merawat 9 pasien covid-19. Menariknya, saat ini pasien non covid-19 yang menunjukkan tren kenaikan, sedangkan tren pasien Corona menunjukkan penurunan.

Baca Juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

"Untuk pasien ringan ada 4 dan 5 orang dengan gejala sedang. BOR bulan Juni 68,6 %, Juli 72,2%, BOR Agustus 62,2%. BOR ketiga bulan di atas didominasi oleh pasien covid-19 di Cluster Rawat Inap Khusus (RIK) Isolasi," kata Irvan Prayoga.

Selain di RSLI dan RS PHC, penurunan pasien juga terjadi di RSU Airlangga Surabaya. Dari data yang diterima Surabaya Pagi, hingga kini pasien yang dirawat di RSU Airlangga tak kurang dari 40 pasien. Secara kapasitas bed, jumlah bed di RSU Airlangga sebanyak 100 bed.

"Sudah menurun sekarang, kira-kira 60 persen. Karena data terakhir total pasien sekitar 40 orang," kata salah satu petugas RSU Airlangga yang tak ingin namanya disebutkan. sem

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU