Kawasan Wisata di Blitar Ditutup Tiga Hari

Situasi kawasan Makam BK sehari harinya dipadati pengunjung, apa lagi saat liburan. SP/ Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Pemerinta Kota Blitar berencana menutup kembali tempat wisata di Kota Blitar selama tiga hari mulai Senin (28/6/2021).

Penutupan sementara tempat wisata sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona ( Covid-19 ) dan antisipasi masuknya varian baru Covid-19 di Kota Blitar.

"Betul untuk rencananya, tempat wisata kami tutup sementara tiga hari mulai Senin depan. Karena kasus Covid-19 cenderung meningkat dan antisipasi masuknya varian baru Delta," kata Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, Sabtu (26/6) kemarin.

 Juga Hakim mengatakan, saat ini, kasus Covid-19 di beberapa daerah termasuk di Kota Blitar cenderung meningkat.

Hal tersebut  terlihat dari data laporan harian perkembangan kasus Covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar. Dan sesuai data laporan harian dari Dinkes, tiap hari ada penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Blitar, seperti pada Jumat (26/6) , ada penambahan 12 kasus positif Covid-19 di Kota Blitar, dan pada Sabtu (26/6), ada tambahan 11 kasus positif Covid-19 di Kota Blitar.

Sedang jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di Kota Blitar sampai sekarang mencapai 2.786 kasus.

Untuk itu, Satgas memperketat kembali pembatasan aktivitas masyarakat terutama warga dari luar Kota Blitar.

"Tujuan penutupan sementara tempat wisata ini untuk mengurangi warga luar daerah masuk ke Kota Blitar," ujar Hakim.

Selain itu, kata Hakim, satgas gabungan juga secara tegas untuk meningkatkan lagi operasi yustisi di tempat kos. Satgas melakukan rapid test antigen kepada penghuni tempat kos.

"Semalam kami lakukan operasi yustisi di tempat kos. Kami melalukan rapid test antigen kepada penghuni tempat kos,"tambah Hakin lagi.

Terkait pembatasan jam operasional kafe dan rumah makan, Hakim menjelaskan masih dalam pembahasan oleh tim.

Satgas masih melakukan evaluasi apakah jam operasional kafe dan rumah makan berpengaruh besar dengan peningkatan kasus Covid-19.

Sementara secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan sesuai instruksi Wali Kota, tempat wisata yang ditutup sementara selama tiga hanya di kawasan Makam Bung Karno dan Istana Gebang.

"Sesuai perintah dari Wali Kota, tempat wisata yang ditutup sementara hanya kawasan Makam Bung Karno dan Istana Gebang. Sedang destinasi wisata lainnya masih menunggu perintah lagi," trrang Tri Iman.

Dikatakannya, pelayanan di kawasan wisata Makam Bung Karno dan Istana Gebang ditutup selama tiga hari mulai Senin (28/6/) sampai Rabu (30/6).

"Sementara ditutup tiga hari, nanti dievaluasi dulu apakah perlu diperpanjang atau tidak," pungkas Tri Iman. Les