Kaya Mineral, Vitamin dan Antioksidan yang Baik Bagi Bumil

Buah Melon. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Melon merupakan salah satu buah berbentuk bulat dengan kulit dan daging buah yang bewarna kuning pucat. Buah ini mengandung air yang melimpah pada daging buahnya yang mana mirip dengan buah semangka.

Buah melon juga memiliki berbagai nutrisi di dalamnya, seperti kalium, asam folat, protein, vitamin, betakaroten, dan magnesium. Buah melon memiliki rasa manis dan hampir 95 persen mengandung air. Kandungan air yang banyak pada buah melon itu dapat menuntaskan dahaga Anda.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah melon, memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Kandungan potassium yang tinggi dalam buah melon membuatnya sangat ideal untuk dikonsumsi para penderita hipertensi. Kandungan kalium bisa membatasi kenaikan tekanan darah dan membantu tubuh mencapai keseimbangan.

Buah Melon ini juga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Karena Melon kaya mineral, vitamin dan antioksidan yang memiliki dampak langsung pada sistem kekebalan tubuh ibu, serta bayi yang belum lahir. Kehadiran folat dalam buah sangat bermanfaat karena membantu mencegah cacat tabung saraf dan cacat lahir.

Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori menjadikan melon sebagai komponen penting dalam diet, terutama jika berencana menurunkan berat badan. Serat membantu proses pencernaan, mengurangi masalah terkait pencernaan seperti sembelit. Kandungan air yang tinggi dan rendah kalori membantu menjaga tubuh Anda kenyang, sehingga menghindari kecenderungan makan berlebih.

Melon mengandung dua jenis serat, larut dan tidak larut. Serat larut membantu menyeimbangkan gula darah, karena memperlambat penyerapan karbohidrat. Kandungan serat dapat meredam kolesterol LDL, yang juga dikenal sebagai kolesterol 'jahat' yang terakumulasi sebagai hasil dari plak.

Kandungan besar vitamin C pada melon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan yang lebih kuat dan lebih baik bertindak sebagai dinding yang kuat untuk melawan perkembangan lemak, bakteri penyebab penyakit.

Dibalik rasa manis dari buah Melon ini, juga dapat mencegah kadar gula dalam darah. Sifat diuretik dari keseimbangan melon dan mengatur produksi insulin. Dengan demikian, konsumsi melon dapat membantu dalam menghindari retensi cairan. Kandungan glukosa yang rendah dalam buah membuatnya mudah dikonsumsi untuk orang yang menderita diabetes.

Melon kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang sangat penting untuk kesehatan mata Anda secara keseluruhan. Konsumsi harian melon dapat membantu mengurangi risiko infeksi mata dan katarak. Dsy10