Ke Bangkalan, Erick Tohir Bertemu Paguyuban Kerapan Sapi Madura

Erick Tohir saat melihat kerapan Sapi di lapangan di Desa Sanggra Agung Kecamatan Socah.

SURABAYA PAGI, Bangkalan- Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Tohir berkesempatan bersilaturahmi dengan Paguyuban Kerapan Sapi Madura (Pakar Sakera) Saat menyambangi Bangkalan. Selain bersilaturahmi dengan pakar Sakera, Erick Tohir juga melihat sapi karapan lapangan di Desa Sanggra Agung, Kecamatan Socah Sabtu (18/06/2022).

Wakil Bupati Bangkalan Drs. Mohni,MM Berharap kedatangan Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Tohir pada acara silaturahmi bersama Pakar Sakera ( Paguyuban Kerapan Sapi Madura) tidak hannya menjadi daya ungkit dalam mengangkat kebudayaan kerapan sapi sebagai sektor wisata Unggulan Kab.Bangkalan.

Pada kesempatan itu, Erick Tohir cukup sedih mendengar penyebaran PMK di pulau Madura. Menurutnya, Jika memang nantinya ada izin dan petunjuk bagi Kementerian BUMN untuk bisa ikut andil dalam upaya penanganan PMK, termasuk dalam pengadaan vaksinasi gratis untuk PMK.

"Tentunya ini menjadi catatan bagi kami. Hal ini akan kami sampaikan ke Pemerintah pusat dan Kementerian terkait sehingga nanti ada solusi unuk penanganannya," Jelasnya.

Erick Tohir menyampaikan, kunjungan nya ke Bangkala sebagai upaya mengangkat potensi serta budaya kerapan sapi Madura.

"Sudah lama kerapan sapi piala presiden tidak laksanakan karena adanya pandemi Covid-19. Karenan itu saya ditugaskan untuk ikut mendukung agar kebudayaan ini bisa kembali terlaksana sehingga menjadi sektor penggerak bagi ekonomi dan pariwisata,"ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangkalan Drs Mohni berharap Kementerian BUMN bisa ikut membantu dan serta menjadi keoanjangan tangan Pemerintah daerah pada pusat untuk memberikan solusi terhadap penyebaran penyakit mulut.

"Kami berharap ada solusi terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku(PMK) di Pulau Madura. Karena PMK yang ada di Madura saat ini tidak hanya menyerang sapi ternak, tetapi juga mulai merambah ke Sapi kerapan," imbuhnya.

Hal Ini tentunya kata Wabub menjadi harapan dari Paguyuban kerapan sapi, terlebih untuk menyongsong event kerapan sapi piala presiden.wah