Keberangkatan Belum Jelas, Kemenag Jatim Tetap Persiapan Haji 2021

Jamaah haji melaksanakan tawaf sesuai protokol kesehatan.  SP/Saudi Ministry Of Media via FP

SURABAYAPAGI, Surabaya – Pemerintah sampai sekarang belum bisa memastikan apakah tahun ini ada pemberangkatan calon jamaah haji atau tidak karena belum ada penjelasan dari otoritas Kerajaan Arab Saudi. Namun Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur tetap melakukan persiapan pelaksanaan ibadah haji 2021.

"Hingga sekarang belum ada penjelasan, apakah ibadah haji tahun ini dibuka atau tidak. Tapi kami tetap melakukan persiapan," kata Kepala Kanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi, Rabu (07/4).

Persiapan, kata dia, dilakukan jika kebijakan pelaksanaan ibadah haji diberlakukan, seperti melakukan manasik haji, hingga menyiapkan segala dokumen yang diperlukan

"Tetap, dokumen-dokumen seperti paspor dan segala macamnya sedang dalam persiapan," katanya.

Sejauh ini Kemenag Jatim sudah melakukan penuntasan kebutuhan administrasi calon jamaah haji yang direncanakan berangkat tahun ini.

Administrasi yang dimaksud, kata dia, diantaranya bukti telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Kementerian Agama sebagai penyelenggara kegiatan haji, sambungnya, juga sudah melakukan scan terhadap Paspor setiap calon jemaah.

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi jika informasi keberangkatan datang mendadak dan waktu persiapan sangat mepet

Disinggung tentang jumlah dan kuota jamaah calon haji asal embarkasi Surabaya, ia belum bisa memastikan karena tak ada informasi dibukanya kembali ibadah haji.

Tidak hanya haji, kata Ahmad Zayadi, pelaksanaan ibadah umroh juga belum mendapat kepastian jadwal dibuka kembali.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap pelaksanaan ibadah haji 2021 bisa terwujud, meskipun saat ini masih menunggu keputusan resmi Kerajaan Arab Saudi.

Ia mengatakan walaupun saat ini belum ada keputusan resmi dari Kerajaan Arab Saudi, namun berbagai skenario telah dilaksanakan hingga ke tingkat Kemenag jajaran.

Beberapa persiapan penting yang dilaksanakan yakni memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada seluruh jamaah calon haji yang dijadwalkan akan berangkat.na