Kebiasaan Anak Minum Susu Menggunakan Botol Sebelum Tidur Sangat Berbahaya, Ini Penjelasannya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Mei 2023 15:50 WIB

Kebiasaan Anak Minum Susu Menggunakan Botol Sebelum Tidur Sangat Berbahaya, Ini Penjelasannya

i

Illustrasi anak minum susu menggunakan botol sebelum tidur. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menyapih anak dari kebiasaan minum susu menggunakan botol atau dot sebelum tidur semakin sulit untuk dihentikan dan justru menjadi rutinitas si kecil sebelum tidur, Senin (29/05/2023).

Kebiasaan tersebut dilakukan oleh para orang tua pada anak sebelum tidur agar si anak segera terlelap dalam kondisi kenyang. Padahal, ada bahaya yang mengintai anak-anak apabila memiliki kebiasaan minum susu sebelum tidur.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Selain itu, alasan lain untuk menghentikan penggunaan botol adalah untuk melindungi gigi bayi atau balita Anda. Jika anak tertidur saat minum dari botol, susu mungkin masih menggenang di mulut dan sekitar gigi mereka saat tidur. Lambat laun, hal itu menyebabkan kerusakan pada gigi. Artinya, sebaiknya mereka tak minum susu menjelang tidur. Terutama saat si kecil sudah memiliki gigi.

Selain menghindari anak dari minum susu sebelum tidur, hal yang bisa orang tua lakukan yakni mengajak anak-anak menggosok gigi setelah memberinya susu. Kemudian orang tua sebaiknya tak memberinya susu lagi.

Tips Menyapih Anak Minum Susu dari Botol Sebelum Tidur

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Menyapih anak dari botol dot memang bukan perkara mudah, oleh karena itu ibu perlu kreatif menghentikan kebiasaan itu tanpa membuatnya sedih atau menangis.

Tips pertama yang bisa dilakukan, yakni apabila si kecil secara teratur tidur ketika minum dari botolnya, mulailah dengan memindahkan botol lebih awal dari rutinitas tidurnya. Sehingga kemungkinan susu di botol sudah habis saat ia belum terlelap.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Cara kedua, yakni dengan mengurangi secara bertahap asupan susu sebelum tidur. Dengan pengurangan perlahan itu, bisa membuat tak kaget saat mendapat susu lebih sedikit dari sebelumnya.

Cara ketiga, yaitu ganti rutinitas minum susu itu dengan kegiatan lain, seperti membaca buku, mendongeng atau memberinya mainan yang bisa menemaninya tidur. dsy/kmp

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU