Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik yang Perlu Anda Ketahui

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 19 Sep 2022 19:03 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik yang Perlu Anda Ketahui

SurabayaPagi.com -Surabaya: Semenjak harga BBM naik, kendaraan bermotor seperti mobil atau motor yang menggunakan daya listrik jadi semakin dilirik. Bahkan di ibukota Jakarta, beberapa ojek online sudah mengganti kendaraan mereka yang sebelumnya memakai bensin seperti pertalite atau pertamax, dengan moda kendaraan yang membutuhkan listrik saja sebagai sumber daya-nya.

Motor listrik adalah kendaraan roda dua yang memanfaatkan tenaga listrik sebagai penggerak. Anda mungkin akan merasa bingung, di mana bisa mendapatkan kendaraan ini? Anda bisa melakukan pembelian motor listrik murah dengan sistem Pre Order dengan masa tunggu kurang lebih 90 hari di aplikasi Blibli. Anda harus ingat ketika melakukan pembelian ini, anda wajib menyiapkan KTP dan juga Kartu Keluarga.

Teknologi memang selalu berkembang. Jika dulu kendaraan ditarik dengan hewan dan juga sepeda, muncullah mobil dengan BBM. Saat ini, dengan semangat untuk bumi yang lebih baik, para produsen tidak berhenti berinovasi untuk menciptakan mobil berdaya listrik dan juga motor bersumber tenaga listrik.

Nah, apabila anda masih bimbang apakah hendak membeli motor biasa (yang menggunakan bensin) atau motor dengan daya listrik, sebaiknya anda mengetahui karakteristik masing-masing. Berikut penjelasan singkat kelebihan dan kekurangan motor listrik yang perlu anda pahami :

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Indeks polusi udara di Ibukota sering disebut yang tertinggi. Namun jangan salah, kota-kota penyokongnya seperti Tangerang Selatan justru lebih tinggi lagi loh! Anda mungkin kaget mengetahui hal ini namun begitulah faktanya.

Tingkat polusi yang tinggi tentu berbahaya bagi masyarakat yang tinggal di area tersebut. Kemungkinan terkena penyakit seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) menjadi lebih besar. Padahal penyembuhan penyakit ini tidak mudah dan bisa membuat seseorang menjadi lebih tidak produktif.

Emisi gas yang keluar dari kendaraan bermotor memang membuat kualitas udara memburuk. Hal ini tidak bisa dihindari. Namun hal yang berbeda terjadi pada motor listrik. Tidak ada emisi yang keluar karena sumber dayanya menggunakan energi dari baterai yang diisi ulang dengan listrik.

Dengan hasil tersebut, tidak heran jika motor listrik menjadi alternatif yang dicoba untuk mengurangi tingkat polusi. Dari penggunaan alat transportasi umum, uji emisi kendaraan, hingga penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan, termasuk motor listrik.

  1. Tidak menimbulkan suara bising

Selain polusi udara, terkadang motor biasa bisa menimbulkan polusi suara. Hal ini biasanya terjadi pada motor yang kondisinya sudah lama atau di-modif dengan tujuan tersebut. Anda yang tinggal tidak jauh dari jalan raya bisa jadi sering mendengar suara motor yang kebut-kebutan di tengah malam. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Namun, hal yang demikian tidak terjadi di mobil listrik. Dikarenakan sumber energi yang berasal dari baterai, motor listrik suaranya sangat halus bahkan bisa tidak terdengar. Suara terdengar agak keras saat dinyalakan, namun ketika motor mulai melaju di jalanan, suara tersebut menjadi semakin halus.

Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri yang dimiliki oleh motor listri. Hal yang sama juga terjadi pada mobil listrik. Para penggunanya rata-rata berpendapat, memakai mobil listrik lebih nyaman karena suaranya sangat halus.

  1. Perawatan Lebih Mudah

Banyak orang mengira kalau perawatan motor listrik lebih rumit dibandingkan motor biasa. Hal tersebut tidak tepat karena spare part motor listrik jauh lebih sederhana.

Anda harus tahu kalau motor listrik tidak memiliki part di bagian oli. Anda juga tidak perlu melakukan servis berkala pada motor listrik. Bagian yang perlu anda perhatikan hanyalah pada kampas rem, ban, dan juga minyak rem.

Sangat mudah bukan? Komponen-komponen yang ada pada motor listrik memang lebih sedikit dibanding motor konvensional. Efeknya, anda jadi lebih hemat waktu dan tidak terlalu repot untuk merawat motor tersebut.

  1. Harga Pengisian Baterai Lebih Irit

Berapa biaya yang diperlukan untuk sekali pengisian baterai hingga penuh sebuah motor listrik? Anda mungkin akan kaget karena uang yang dikeluarkan hanya 10 ribu saja untuk sekali isi. Dengan biaya ini, anda sudah bisa mengendarai motor tersebut seharian kemana-mana.

Hal ini tentu berbeda dengan motor konvensional yang biasanya diisi bensin minimal 20 ribu sampai 50 ribu jika ingin tangka-nya terisi penuh.

 

Wah, ternyata cukup banyak kelebihan motor listrik. Tapi tunggu dulu, meski demikian motor listrik juga memiliki beberapa kekurangan loh. Coba perhatikan hal-hal ini :

  1. Harga per unit-nya Cukup Mahal

Harga 1 unit motor listrik berada di atas 30 juta rupiah. Hal ini berbeda jauh dengan motor konvensional yang bisa didapat dengan harga setengahnya dan sudah memiliki kualitas yang baik. Selain itu karena unitnya belum banyak, anda memerlukan waktu tunggu hingga unit tersebut siap.

  1. Belum Banyak Tempat Pengisian Baterai

Nah, lokasi pengisian baterai motor listrik masih sangat terbatas. Berbeda dengan SPBU yang sudah ada dimana-mana. Motor listrik diklaim bisa berkendara antara 80-100km dengan daya penuh. Namun jika motor tersebut mati tiba-tiba, anda akan kesulitan mencari tempat mengisinya.

  1. Minim Bengkel Resmi

Keberadaan bengkel resmi dari motor listrik ini juga masih tidak begitu banyak. Meski memang perawatannya mudah, namun jika jauh tentu anda akan tetap merasa kerepotan.

 

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan motor listrik, apakah Anda berminat untuk memilikinya?

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU