Kelola Sampah, Pemkot Surabaya Gandeng Kader Lingkungan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Sep 2021 10:42 WIB

Kelola Sampah, Pemkot Surabaya Gandeng Kader Lingkungan

i

Pemkot Surabaya menggandeng kader lingkungan mengedukasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. SP/ANT/Yulius Satria Wijaya

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggandeng kader lingkungan di kota setempat mengedukasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan mengerti cara memanfaatkan sampah.

Nantinya, kader lingkungan juga akan mengajak warga untuk melakukan gerakan perbaikan lingkungan hidup. "Misalnya, mengelola sampah, ketahanan pangan mandiri, penghijauan, pengolahan air limbah, dan pemanfaatan air hujan, serta upaya penghematan energi," Kepala Bagian Administrasi Kerjasama Kota Surabaya Dewi Wahyu Wardani, Kamis (16/9/2021)

Baca Juga: Atasi Banjir dari Saluran Air di Seluruh Kampung

Menurut dia, pemkot selama ini melakukan berbagai inovasi untuk pengelolaan sampah di Kota Surabaya, di antarannya program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dengan pengurangan dan pemilihan sampah mulai dari sumbernya.

Bahkan, lanjut dia, Pemkot Surabaya berkomitmen untuk mewujudkan program gerakan Surabaya Zero Waste (bebas sampah).

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Ajak Warga Budayakan Tidak Buang Sampah di Saluran Air

"Kami juga mengoptimalkan pemilahan sampah di Tempat Penampungan Sementara (TPS), pengolahan limbah plastik, serta menggubah sampah menjadi energi listrik melalui Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo yang pada 6 Mei 2021 lalu diresmikan oleh Presiden RI," kata Dewi.

 Selain itu, kata dia, pemkot juga sudah menggandeng fasilitator lingkungan untuk mendorong peran aktif masyarakat dari berbagai lapisan dalam mengubah Kota Surabaya menjadi kota yang bersih, hijau, dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Perwakilan Komunitas Nol Sampah Hermawan menyebut, berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, sampah organik menyumbang 54 persen dari total sampah di Kota Surabaya. Oleh sebab itu, komunitas nol sampah mendorong masyarakat untuk mengurangi sampah sisa makanan.

"Kami fokus pendampingan untuk mengorganisir masyarakat di kampung, sekolah, dan kampus, serta kantor untuk menjadi masyarakat yang peduli dengan lingkungannya. Mereka punya kemampuan untuk mengangkat potensi-potensi di lingkungannya, terutama soal pengolahan sampah," katanya.sb1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU