Kelompok Tani di Trenggalek Terima Bantuan Alsintan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Des 2021 17:36 WIB

Kelompok Tani di Trenggalek Terima Bantuan Alsintan

i

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada perwakilan kelompok tani.

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - Puluhan kelompok tani di Kabupaten Trenggalek menerima hibah bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan), Kamis (30/12/2021).

Puluhan alsintan berbagai macam jenis itu merupakan berkah dari curhatan para petani kepada Presiden Joko Widodo saat berdialog dalam kunjungan RI 1 ke Trenggalek November lalu.

Baca Juga: Truk Terperosok ke Jurang, 3 Orang Luka-luka

Hibah yang diserahkan hari itu berupa 4 unit traktor, 20 unit hand sprayer, 1 unit transplanter, 2 unit cultivator, 42 unit alat pengola pupuk organik.

Selain itu, ada juga tambahan 15 unit cultivator, 6 unit traktor, dan 4 unit pompa air yang sebelumnya telah diserahkan ke kelompok tani.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin  kepada perwakilan kelompok tani.

"Bantuan ini berasa dari berbagai sumber. Ada yang langsung dari Presiden melalui Kementerian Pertanian, ada juga dari APBN, APBD provinsi, dan APBD kabupaten," kata Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Mas Ipin membenarkan, hibah itu diberikan berdasarkan hasil aspirasi para petani kepada saat bertemu dengan Presiden dalam kegiatan tanam padi bersama akhir November 2021.

Dalam dialog itu, perwakilan petani menyampaikan permintaan agar alat pertanian yang sudah ada di Trenggalek tak ditarik kembali.

"Iya. Ini dari aspirasi para petani ketika bertemu Presiden. Kebetulan ini baru sempat kami serah terimakan," ungkap Mas Ipin.

Baca Juga: Gerakan Pangan Murah di Trenggalek Diserbu Warga

Bupati muda itu berharap, hibah bantuan alat pertanian itu bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani.

Sehingga, selisih keuntungan yang bisa mereka dapat dari hasil tani lebih tinggi.

"Caranya dengan menekan biaya produksi semurah mungkin. Salah satu caranya dengan menggunakan alat dan mesin pertanian modern," sambung dia.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Trenggalek Didik Susanto menjelaskan, seluruh bantuan itu disalurkan kepada 53 kelompok tani yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga: Stok Beras di Trenggalek Aman hingga Lebaran

Bantuan diberikan berdasarkan kebutuhan dari kelompok tani masing-masing.

"Kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para kelompok tani," pungkasnya. 

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU