Home / Ekonomi dan Bisnis : Melongok Rumah Duka Grand Heaven Surabaya (3)

Keluarga tak Mampu pun Dilayani

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Jun 2022 20:05 WIB

Keluarga tak Mampu pun Dilayani

i

Ruang duka ekonomis yang disediakan oleh Grand Heaven Surabaya, terlihat cukup representatif dan nyaman bagi keluarga yang ingin memakai jasa layanan ini. SP/Raditya Khadaffi

Rumah duka Grand Heaven Surabaya, tak hanya memiliki President Suite Room, tetapi juga memiliki ruang duka VVIP, Suite room, dan bahkan juga memiliki ruang yang ekonomis bagi keluarga yang kurang mampu sehingga jasa pelayanan rumah duka dengan pelayanan ala Grand Heaven, masih sangat terjangkau bagi keluarga yang berduka.

 

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

=====

 

Tidak dipungkiri, dengan tampilan kasat mata Grand Heaven, banyak informasi yang beredar dan berseliweran di media sosial mengenai Grand Heaven yang sampai di telinga pemiliknya. Rumah duka yang satu tahun ini telah hadir di Jawa Timur dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak ini menjadi perbincangan.

“Memang informasi-informasi itu bisa merugikan kami. Banyak yang mengira harga kami mahal dan tak mungkin terjangkau. Apalagi lihat gedungnya seperti ini, sudah terkesan mewah. Padahal kami juga memberikan pelayanan bagi keluarga yang tak mampu dan itu belum banyak yang tahu,” jelas Andreas, General Manager Grand Heaven Surabaya.

Luar biasa, ternyata program untuk keluarga tak mampu ini merupakan program yang juga diperhatikan oleh pemilik Grand Heaven, Suwito Muliadi. Selama ini di Jakarta, Grand Heaven cukup banyak melayani keluarga tak mampu.

“Ini karena Pak Suwito, pimpinan kami memiliki jiwa sosial yang tinggi. Beliau pun ingin membantu orang-orang yang tidak mampu,” kata Andreas, disela-sela dirinya menjelaskan dan menunjukkan beberapa ruangan seperti ruangan Mortuary atau tempat penyimpanan jenazah dan perawatan jenazah.

Bagaimana caranya bila ada keluarga tak mampu ingin mendapat pelayanan seperti pemandian jenazah atau mendapat pelayanan kremasi jenazah di Grand Heaven? Andreas menjelaskan bahwa mereka cukup menyertakan Surat Keterangan Tak Mampu (SKTM) dari Kelurahan setempat.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

“Cukup bilang ke kami kalau keluarga tersebut tak mampu, tetapi ingin dilakukan pelayanan. Pihak keluarga bisa lampirkan SKTM dari kelurahan serta kartu tanda penduduk. Kami pasti bantu,” jelas Andreas.

Pelayanan untuk keluarga yang kurang mampu, diantaranya meliputi peti jenazah, pemandian jenazah dan/atau kremasi jenazah secara gratis hingga pengantaran jenazah di rumah duka, apabila jenazah ingin disemayamkan di rumah duka diluar Grand Heaven. Akan tetapi peti jenazah yang disediakan berbeda dengan peti jenazah yang terdapat dalam paket.

Apakah sudah ada keluarga kurang mampu di Surabaya yang memanfaatkan pelayanan bantuan yang ditawarkan Grand Heaven Surabaya? Andreas memaparkan kalau di Grand Heaven sudah ada keluarga kurang mampu yang dibantu dan mereka sangat puas dengan pelayanan yang diberikan.

Sebelumnya dijelaskan untuk paket termurah di Grand Heaven sendiri adalah Paket Bronze, dipatok seharga Rp 15,9 juta. Fasilitas meliputi peti duka standar bintang 1, bebas biaya penjemputan jenazah di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Selain itu bebas pemandian dan perawatan jenazah, fasilitas 3 hari ruang duka, kremasi dengan diberikan konsumsi makanan berat dari 100 buat kotak roti atau 40 kotak makanan serta minuman hingga 50 cup hingga tabur bunga. Sementara, paket termahal ada paket Platinum seharga Rp 59,9 juta dan paket Titanium ditawarkan seharga Rp 69,9 juta.

Fasilitasnya tak jauh beda dengan fasilitas standar, hanya saja diberikan peti duka yang kualitas terbaik. Juga selain ada pemandian jenazah, ada tambahan treatment khusus bagi jenazah.

Baca Juga: Dispendik Surabaya Pastikan Pramuka Tetap Berjalan

“Disinilah keunggulan kami. Kami memberikan totalitas pelayanan kepada keluarga, dimana jenazah kami treatment dan beri perawatan. Terutama treatment di bagian wajah agar terlihat cerah saat disemayamkan di ruang duka,” kata Andreas.

Selain fasilitas tersebut, untuk Paket Platinum dan Titanium ada tambahan fasilitas pelarungan dengan speed boat 22 kursi, rumah-rumahan Taiwan, serta upacara penghormatan pedang pora, termasuk dokumentasi foto untuk keluarga duka.

“Paket yang kami tawarkan ini termasuk murah dan fasilitas yang kami berikan juga secara maksimal kepada keluarga duka agar mereka nyaman. Apalagi ada penghormatan pedang pora dan ini satu-satunya di Surabaya, di rumah duka lain tidak ada,” tambah Andreas.

Untuk paket-paket tersebut yang penulis sebutkan diatas, seperti pada seri pertama, bahwa Grand Heaven juga menerima layanan kedukaan bagi umat Muslim. Seperti apa pelayanannya? Ikuti tulisan seri keempat pada edisi esok.  (radityakhadaffi/lordnaputri/bersambung)

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU