Kembali Kunjungki Stadion GBT, FIFA Minta Ada Akses Khusus untuk Penonton Disabilitas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 13 Jan 2023 13:19 WIB

Kembali Kunjungki Stadion GBT, FIFA Minta Ada Akses Khusus untuk Penonton Disabilitas

i

Perwakilan FIFA bersama jajaran Kementerian PUPR dan PSSI saat mengunjungi Stadion GBT di Surabaya, Kamis (12/1/2023). Foto: Pemkot Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Perwakilan Federasi sepak bola dunia (FIFA) bersama jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PSSI mengunjungi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya, Kamis (12/1/2023). Peninjauan Stadion GBT oleh FIFA dilakukan untuk mengecek kesiapan stadion sebagai salah satu venue Piala Dunia U20 pada Mei-Juni 2023 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, ada 11 orang yang berkunjung ke Stadion GBT kemarin. Mereka yang berkunjung yakni Lead Project Christian Schmolzer, Venue Manager, Sunny, Safety & Security Manager, Anke Becker, Technical Services Manager, Ross Maclean dari FIFA, dan Kementerian PUPR serta PSSI.

Baca Juga: Tak Peduli Aturan, Anggota BPD Ikut Garap Proyek Ipal Komunal Desa Dalegan Senilai Rp 500 Juta

"Kunjungan kali ini yang ketiga, yang diikuti Kementerian PUPR, PLN, FIFA dan PSSI. Dalam kesempatan itu, ada beberapa poin yang didiskusikan bersama. Contoh bagaimana kesiapan media centernya, broadcast-nya, manajemen sekuriti dan teknikal servisnya," kata Wiwiek di Surabaya, Jumat (13/1/2023)

Wiwiek mengatakan bahwa pihak FIFA mengapresiasi perkembangan perbaikan Stadion GBT.

"Keseluruhan mereka (FIFA) mengapresiasi upaya kami dalam melakukan perbaikan fasilitas di GB . Setelah kunjungan FIFA pada Juli 2022 lalu, pemkot bersama jajaran stakeholder lainnya masih menjaga komitmen standar lapangan kelas dunia. Pada kunjungannya kali ini, FIFA pun mengapresiasi kinerja kami hingga proses saat ini," kata Wiwiek.

Dalam kesempatan itu, Kementerian PUPR juga memberikan catatan mengenai pasokan listrik dan beberapa item yang perlu dibenahi.

Beberapa poin tersebut antara lain adalah, terkait pasokan listrik dan beberapa item yang menjadi perhatian Kementerian PUPR untuk dibenahi. Secara keseluruhan, Wiwiek menyampaikan, dalam kunjungan ketiga ini, FIFA sangat puas dengan perkembangan pengerjaan fasilitas Stadion GBT serta lapangan penunjang lainnya.

Baca Juga: Pembangunan Tol Yogyakarta – Bawen Bakal Beroperasi di Kuartal I tahun 2025

Selain itu, Wiwiek mengatakan, FIFA bersama Pemkot Surabaya sepakat untuk membuat akses khusus penonton disabilitas di area khusus dari Gate 1 Stadion GBT.

“Jadi nanti kita bikinkan jalur khusus dari gate 1, nanti ada akses menuju ke bagian tribunnya,” jelasnya.

Tak hanya Stadion GBT, rombongan juga puas terhadap perbaikan Lapangan Thor dan Gelora 10 November.

Baca Juga: Pemkab Mojokerto Sosialisasi Persiapan Pembangunan Jembatan Talunbrak

“Mulai lapangan latihan A dan C di GBT hingga Gelora 10 November, FIFA sudah sangat puas dengan progresnya,” paparnya.

Sementara untuk akses jalan menuju ke Stadion GBT, FIFA menilai sudah baik dan mudah dijangkau. Untuk progres selanjutnya, Kementerian PUPR yang melanjutkan.

"Keseluruhan mereka mengapresiasi upaya kami (pemkot) dalam melakukan perbaikan fasilitas. Selanjutnya, kami serahkan kepada Kementerian PUPR sesuai dengan timeline yang akan dikerjakan. Sedangkan pemkot hanya melakukan pendampingan," pungkasnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU