Kemenag Jatim Siap Tingkatkan Layanan Haji dan Umroh

Pengurus IPMHUI mengunjungi Kanwil Kemenag Jatim, Selasa (23/03/2021). SP/ MOCHAMMAD KASYFI FAHMI  

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pengurus IPMHUI ( Ittihad Pembimbing Muthowif Haji dan Umrah Indonesia) mengunjungi Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur. Mengawali  pertemuan tersebut, Koordinator IPMHUI, Hamid Nawawi, memperkenalkan IPMHUI merupakan NGO (Non-Governmental Organization) atau Lembaga independen yang memberikan pelayanan kepada pembimbing haji dan umroh untuk memperoleh sertifikat. Selasa (23/03/2021). 

Lembaga tersebut setingkat dengan IAIN atau UIN yang telah terlebih dahulu mendapat kewenangan memberikan sertifikat kepada pembimbing haji dan umroh. Lembaga ini pun telah mengadakan satu nota kesepakatan yang ditandatangani antara IPHMUI dengan Sekjen Kementerian Agama Pusat. 

Terlebih lagi, Hamid Nawawi mengungkapkan bahwa tujuan melakukan audiensi ini adalah selain silaturahmi juga memohon dukungan dalam melaksanakan program-program IPHMUI pusat.

 Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Ahmad Zayadi mengungkapkan bahwa pihaknya sangat terbuka dan menyambut baik setiap usaha untuk peningkatan dan perbaikan layanan haji dan umroh.

 “Semoga pertemuan ini tidak hanya menjadi silaturahim tapi bisa juga menjadi silatul afkar di antara kita, mempertemukan pemikiran bersama-sama karena ada satu visi misi dengan kita,” kata Ahmad Zayadi. 

Dirinya berniat untuk meningkatkan kinerja layanan haji dan umroh kedepannya. “Mari kita sebanyak-banyaknya mencari mitra-mitra strategis dan produktif dalam rangka memaksimalkan kinerja layanan haji dan umroh, salah satunya tentu saja dengan IPHMUI yang sudah berstatus badan hukum,” imbuhnya.

 Kakanwil juga menjelaskan akan ada penjelasan lebih lanjut merupakan suatu bentuk asistensi dari Kanwil Kemenag Jawa Timur agar IPHMUI dapat maksimal dalam menjalankan program kerjanya untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal dalam layanan haji. 

Pada kesempatan yang sama, Kabid PHU Nurul Huda menegaskan lagi jika Kanwil Kemenag Jawa Timur sangat welcome kepada siapapun pihak yang ingin bekerja sama untuk perbaikan layanan haji dan umroh. Akan ada bincang-bincang lebih lanjut untuk bentuk kerja sama yang spesifik, baik dalam bentuk pensertifikatan atau pembimbingan secara detail. mbi