Kemenag Pasuruan: Kuota Jamaah Haji Kembali Normal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 14 Jan 2023 16:14 WIB

Kemenag Pasuruan: Kuota Jamaah Haji Kembali Normal

i

Di kantor kemenag Pasuruan, saat petugas melayani jamaah.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Kementrian Agama Kabupaten Pasuruan memperkirakan kuota jamaah calon haji akan kembali normal setelah kesepakatan antara Kemenag RI dan Pemerintah Arab Saudi, beberapa hari lalu.

Seperti diketahui, Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M. Kesepakatan tersebut ditandatangani hari ini oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah.

Baca Juga: Awal Puasa Ramadhan 2024 Pemerintah, Muhammadiyah dan NU

Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 yang artinya kembali normal. Selain tentang kuota, kesepakatan ini juga mengatur tentang pendaratan (landing) pesawat di Jeddah dan Madinah, serta beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji. Salah satunya adalah tidak adanya pembatasan usia.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasuruan, Syaikhul Hadi menjelaskan, pembatasan usia jamaah haji dikarenakan pandemi yang berkepanjangan. Dimana saat itu, Pemerintah Arab Saudi menerapkan syarat usia jemaah haji 2022 di bawah 65 tahun. Namun untuk keberangkatan haji tahun ini tidak ada pembatasan usia jamaah haji.

"Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji," tegas Menag. "Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini," lanjutnya. Hanya saja, meski tak ada batasan usia, namun Kemenag Kabupaten Pasuruan menurut Syaikhul belum mengetahui berapa kuota yang diberikan dari pemerintah pusat untuk jamaah Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Syiar Budaya Islam: Inovasi Digital Kementerian Agama RI dalam Menyiarkan dan Melestarikan Budaya Islam

"Sudah pasti jamaah yang usianya di atas 65 tahun dan harusnya berangkat tahun kemarin atau 2021 lalu, Insya Allah akan berangkat tahun ini. Tapi, untuk kuota daerah belum ditetapkan," terangnya.

Ditegaskan Syaikhul, dengan normalnya kuota haji, maka secara otomatis akan membuat kuota untuk Kabupaten Pasuruan bakal meningkat bila dibanding tahun lalu. Ia sendiri memperkirakan kuota jamaah haji tahun ini di kisaran 1200-an jamaah. "Mudah-mudahan bisa lebih. Karena tahun kemarin saja hanya sekitar 600-700-an jamaah,"ucapnya.

Baca Juga: "Mau Tukar Pasangan juga Boleh….."

Dengan normalnya kuota, Syaikhul menghimbau masyarakat untuk bersabar. Sebab, kuota haji tahun ini akan lebih banyak. Tapi, pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari provinsi. Sebab, pembagian kuota daerah dibagi dari provinsi.

"Masih belum ada pembagian resmi. Kami masih menunggu. Semoga bisa lebih," tandasnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU